Rabu, 24/04/2024 - 08:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

2023 Perkuat Toleransi, Perbedaan Perkuat Persatuan

ADVERTISEMENTS

Untuk membangun toleransi diperlukan pemahaman setiap individu saling menghargai

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Akademisi dari UIN Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto Muridan mengatakan tahun baru menjadi momentum yang tepat untuk merawat dan memperkuat toleransi antarsesama.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Tahun baru momentum yang tepat untuk merawat toleransi antarsesama, mengingat Indonesia adalah negara dengan beragam perbedaan, baik suku, agama, ras, dan golongan,” kata diadihubungi dari Jakarta, Senin (2/1).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Beragam perbedaan tersebut harus menjadi kekuatan dalam rangka mendukung pembangunan bangsa. “Perbedaan harus menjadi kekuatan, bukan sebaliknya menjadi media disintegrasi bangsa. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh seluruh lapisan masyarakat adalah dengan merawat dan menguatkan toleransi antarsesama,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cara Tobat Dari Perbuatan Zina

Menurut dia, untuk membangun toleransi diperlukan pemahaman setiap individu saling menghargai, menghormati, menyayangi, mengasihi, dan melindungi sesama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Toleransi di Indonesia jika dirunut dari sejarahnya, ternyata sudah menjadi tradisi dan budaya. Dengan demikian sudah menjadi tugas seluruh masyarakat untuk selanjutnya menjaga, merawat dan memperkuatnya,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa masyarakat harus terus memperkuat budaya saling menolong dan berbagi.

“Terutama untuk membantu sesama warga yang sedang mengalami kesusahan dan mengalami musibah, misalkan membantu warga yang menjadi korban atau terdampak bencana alam” katanya.

Berita Lainnya:
Idul Fitri Jadi Momen Silaturahim, Ini Pesan Nabi Muhammad SAW

Dengan demikian, kata dia, tahun baru 2023 harus dimanfaatkan untuk memperkuat toleransi antarsesama dengan mengedepankan sikap saling menghargai, mencintai, menyayangi, dan mengasihi.

“Mari jadikan tradisi saling berbagi, saling menolong, dan saling menguatkan tanpa melihat suku, ras, agama dan golongan,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa momentum tahun baru 2023 perlu dimanfaatkan masyarakat untuk terus bahu-membahu membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Untuk itu harus saling berbagi informasi dan saling memotivasi agar setiap individu dapat menjaga prokes dan mengikuti program vaksinasi Covid-19 agar kondisi pandemi di Indonesia akan makin dapat terkendali,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi