Selasa, 16/04/2024 - 14:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Implementasi Pelabuhan Hijau Berdampak Positif Bagi Kinerja PKT

ADVERTISEMENTS

Pengelolaan pelabuhan hijau berdampak positif dan signifikan kepada PKT.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT/Pupuk Kaltim) meraih penghargaan Green Port Award 2022 dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) atas implementasi tata kelola pelabuhan berwawasan lingkungan pada area terminal khusus perusahaan.

ADVERTISEMENTS

Vice President Pelabuhan dan Pengapalan Pupuk Kaltim Sidiq Purnomo Nugroho mengatakan, terminal khusus Pupuk Kaltim mendapat nilai 80,97 persen lantaran telah memenuhi seluruh kriteria pelabuhan hijau terhadap aspek manajemen, aspek teknis seperti kepelabuhanan, aspek K3 hingga lingkungan dan energi, dan aspek digitalisasi. “Pengelolaan pelabuhan berwawasan lingkungan telah memberi dampak positif dan signifikan terhadap keberlanjutan proses bisnis Pupuk Kaltim, sehingga terus dilakukan berbagai peningkatan dalam pengelolaan,” kata Sidiq dalam keterangan di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemenko Marves dan PLN EPI Perkuat Ekosistem Biomassa di Indonesia

Sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang meraih Green Port Award pada 2019, lanjut Sidiq, Pupuk Kaltim terus berkomitmen meningkatkan tata kelola pelabuhan ramah lingkungan. Hal tersebut mengacu kepada green port guideline dan rating tools.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Standar itu telah menjadi pedoman Pupuk Kaltim sejak 2018. Sebah berkaitan dengan aktivitas ekspor yang mewajibkan pelabuhan perusahaan memiliki standar pelabuhan hijau yang diakui secara Internasional.

 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Menurutnya, capaian Green Port Award 2022 juga wujud keberhasilan Pupuk Kaltim dalam menindaklanjuti evaluasi program pengelolaan lingkungan hidup yang terealisasi pada area pelabuhan perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Beberapa inovasi hijau dan pelabuhan pintar yang sejauh ini telah diterapkan Pupuk Kaltim, di antaranya pemakaian alat berat crane menggunakan tenaga listrik, mengganti lampu penerangan konvensional dengan LED, melakukan uji emisi kendaraan operasional pelabuhan, serta memiliki tanaman hidup di lingkungan kerja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Pabrik Baterai Honda dan LGES di AS Ditargetkan Beroperasi Akhir 2024

Selain itu, perseroan juga menggunakan cat ramah lingkungan, mengoptimalkan pencahayaan alami serta membuat pencahayaan buatan untuk menjaga kesehatan mata dan produktif dalam penerapan bangunan hijau. Selanjutnya menghindari penggunaan bahan perusak ozon dan mengganti penggunaan energi fosil dengan energi listrik sebagai implementasi shore power connection pada terminal khusus.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Pupuk Kaltim memastikan implementasi aspek pelabuhan ramah lingkungan akan terus ditingkatkan melalui langkah konkret secara menyeluruh di area pelabuhan sejalan dengan prinsip environment, social, and governance (ESG) dalam tata kelola perusahaan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi