IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Rekomendasi Tempat Liburan yang Murah dan Seru

Seorang pawang menunggangi gajah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, (ilustrasi).

Pertimbangkan budget dibutuhkan agar pengeluaran selama liburan tak bengkak

Momen liburan di akhir tahun kerap dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Biasanya, orang-orang akan mengunjungi berbagai destinasi wisata yang cocok disambangi untuk liburan bareng bestie ataupun keluarga. Namun, tidak jarang kamu justru mengalami kesulitan saat menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Bahkan, kamu perlu berulang kali memeriksa rekomendasi tempat liburan dari berbagai situs. Nyatanya, menentukan tempat liburan di Indonesia yang akan kamu kunjungi memang sangat sulit.

Di satu sisi, kamu tentu ingin merasakan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Namun di sisi lain, kamu juga perlu mempertimbangkan budget yang dibutuhkan agar pengeluaranmu selama liburan tidak membengkak. Maka dari itu, tidak hanya perlu menentukan tempat liburan yang bagus, tetapi juga budget yang ramah di kantong.

Rekomendasi tempat liburan di Indonesia

 

Seperti yang kamu tahu, ada banyak sekali tempat liburan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Bisa dibilang, destinasi wisata di Indonesia sangat lengkap dan tersebar luas dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari kekayaan wisata alamnya, wisata budaya yang tidak kalah melimpah, dan lain-lain. Hal tersebut merupakan keuntungan sebagai Warga Negara Indonesia yang patut untuk disyukuri.

Namun, saking banyaknya  tempat liburan yang bagus di Indonesia, kamu justru terkadang malah dibuat pusing tujuh keliling saat ingin menentukan destinasi wisata untuk berlibur. Lalu, mana sajakah rekomendasi tempat liburan yang murah, tapi tetap seru di Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional merupakan tempat wisata yang bagus dan layak untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini terletak di Lampung Timur. Lokasi ini mendapatkan pengawasan langsung dari kementerian kehutanan sebagai tempat konservasi beberapa satwa yang dinilai jumlahnya makin menipis. Beberapa di antaranya adalah gajah dan harimau sumatera, siamang, buaya sepit, dan lain-lain.

Jika berkunjung ke sini, kamu dapat menyaksikan langsung proses penangkaran dari satwa-satwa yang ada. Nggak cuma itu, kamu juga bisa berkemah, melakukan penelusuran hutan, mengamati kehidupan di alam liar, serta melakukan outbound training.

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan atraksi dari gajah-gajah yang ada di sana. Taman Nasional Way Kambas dapat menjadi pilihan rekomendasi tempat liburan di Indonesia yang menarik, apalagi jika kamu mengajak anak-anak karena biasanya anak-anak tertarik dengan dunia fauna. Selain itu, kamu juga bisa memberikan edukasi kepada mereka mengenai pentingnya menjaga alam dan lingkungan, terutama jika menyoal pemberdayaan binatang yang dilindungi.

Untuk biayanya sendiri, pelajar dan mahasiswa dikenakan biaya Rp 3.000 saja. Sementara itu, wisatawan domestik umum dikenakan biaya Rp 5.000 hingga Rp 7.000 saja untuk memasuki wilayah Way Kambas. Untuk biaya parkirnya sendiri, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 hingga Rp 20 ribu tergantung kendaraan yang kamu gunakan.

BACAAN LAIN:
Rayakan Bulan Kasih Sayang Lewat Makan Malam Romantis di Swiss-Belresidences Kalibata

2. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Bagi kamu yang bertempat tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mungkin sudah lelah dengan pemandangan tengah kota yang dipenuhi gedung-gedung tinggi dan bangunan megah. Beruntungnya, ada tempat wisata yang bagus dan masih berada di daerah administrasi DKI Jakarta, yakni Kepulauan Seribu. Sesuai namanya, ada beragam pulau yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk masuk dan transportasi, kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp 25 ribu saja. Sementara itu, kamu akan menaiki kapal dari Pelabuhan Kali Adem dan Pelabuhan Marina Ancol menuju destinasi tujuan. Rekomendasi tempat liburan yang satu ini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati wisata laut dan pantai tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

3. Dieng

Bila bicara soal tempat liburan yang bagus, maka Dieng wajib masuk ke dalamnya. Bagaimana tidak, kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah ini selalu sukses menghipnotis para wisatawan yang berkunjung dengan kecantikan alamnya. Sebut saja Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, bahkan Gunung Prau juga dapat kamu akses melalui Dieng.

Namun, keindahan Dieng tidak hanya terletak pada wisata alamnya. Banyak juga wisata budaya dan wisata lainnya yang dapat kamu kunjungi, seperti Candi Arjuna dan Museum Kailasa. Bahkan, rutin juga diselenggarakan Dieng Culture Festival setiap tahunnya. Biasanya akan ada beberapa agenda acara, seperti festival jazz di atas awan dengan berbagai bintang tamu, kirab budaya, dan penerbangan lampion bersama.

Salah satu keunggulan dari Dieng sendiri tentu terletak pada biaya masuk ke tiap destinasi wisatanya yang terbilang murah, yakni hanya berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 25 ribu saja. Ini menjadikan Dieng sebagai salah satu rekomendasi tempat liburan di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi saat liburan akhir tahun.

4. Taman Sari, DI Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang masih kental dengan budayanya. Hal ini bisa dilihat dari bangunan-bangunan dan warisan zaman dahulu yang masih berdiri kokoh di tanah Jogja. Salah satu warisan budaya yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Sari yang berlokasi di Patehan, Kraton, Yogyakarta.

Bangunan ini merupakan taman istana warisan peninggalan Keraton Yogyakarta. Menurut laman Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Taman Sari dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1757 dengan memadukan arsitektur Jawa dan Portugis. Itu yang menyebabkan Taman Sari mempunyai gaya arsitektur yang amat cantik, sehingga cocok untuk kamu yang gemar hunting foto.

Di dalam Taman Sari terdapat berbagai bangunan dan spot foto yang amat cantik dengan nuansa bangunan klasik khas kerajaan. Beberapa spot di Taman Sari yang bisa kamu manfaatkan adalah Gedhong Gapura Hageng, Sumur Gumuling, Umbul Pasiraman, Gedhong Sekawan, dan masih banyak lagi.

BACAAN LAIN:
Bisa Diakses Gratis, Kalkulator Frisian Flag Bantu Tingkatkan Literasi Gizi Seimbang

Sementara itu, biaya masuk ke salah satu rekomendasi tempat liburan di Jogja ini hanya Rp 5.000 untuk wisatawan lokal.

 

5. Malioboro, DI Yogyakarta

Jalan Malioboro merupakan kawasan yang wajib untuk dikunjungi saat kamu mengunjungi Yogyakarta. Soalnya, di kawasan ini terdapat banyak hal yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, serta pernak-pernik khas Yogyakarta. Selain itu, kamu juga dapat menemukan seniman-seniman yang kerap menunjukkan kebolehannya di sini.

Namun, daya tarik Malioboro nggak cuma itu, lho. Bisa dibilang kalau wilayah Malioboro ini termasuk strategis. Sebab, ada beberapa destinasi yang cocok dijadikan rekomendasi tempat liburan saat mengunjungi Jogja, yakni Pasar Beringharjo, Museum Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

6. Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Bila kamu mengunjungi provinsi Jawa Barat, Pelabuhan Ratu rasanya menjadi salah satu tempat wisata yang bagus untuk disambangi. Terletak di Sukabumi, destinasi wisata yang satu ini begitu menawan dengan berbagai hal yang ditawarkan. Bisa dibilang kawasan ini dikuasai tempat wisata perairan, seperti Pantai Citepus, Pantai Cimaja, Karang Hawu, Curug Cikaso, Curug Sodong, dan lain-lain.

7. Kawah Ijen, Jawa Timur

Rekomendasi tempat liburan satu ini terbilang beda dari yang lain. Kawah Ijen merupakan sebuah kawah yang berada di Gunung Ijen. Uniknya, kamu bisa menyaksikan api biru yang hanya ada dua di dunia ini, lho. Fenomena api biru atau blue fire ini memang sangat langka yang disebabkan tercampurnya oksigen dengan gas bumi dari gunung belerang. Bahkan, sekalipun kamu mengunjungi Kawah Ijen, kamu harus mengunjunginya di pagi-pagi buta sebelum matahari terbit supaya terlihat lebih jelas.

Kemudian, dikarenakan destinasi liburan di Indonesia yang satu ini berada di kawasan gunung, jadi kamu juga dapat menikmati hamparan pemandangan dari atas Gunung Ijen.

Selain itu, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika ingin berkunjung ke sini. Biaya masuknya hanya berkisar Rp 5.000 sampai Rp 7.000 saja, ditambah dengan biaya parkir. Namun, kamu juga perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa topeng gas saat memasuki kawasan Kawah Ijen.

Itulah beberapa rekomendasi tempat liburan yang murah dan seru untuk mengisi liburan akhir tahun kamu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Kalau kamu sudah berencana pergi berlibur ke mana? Semoga liburannya menyenangkan dan berjalan sesuai rencana.

Biar liburan kamu nggak ribet dan makin menyenangkan, yuk coba atur rencana liburan kamu dengan to-do list app yang bernama DoCheck. Kamu bisa saling berkolaborasi dengan teman-temanmu untuk mempersiapkan rencana liburan impian dengan fitur kerja sama di aplikasi tersebut. Bahkan, kamu juga bisa saling bertukar komentar di aplikasinya langsung, lho. Pastinya, ini bakal memudahkan kamu dalam berkoordinasi untuk menyiapkan rencana yang telah disusun.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Rekomendasi Tempat Liburan yang Murah dan Seru
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!