IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Ukraina Tembakan Roket ke Fasilitas Militer Rusia

Pasukan Ukraina menembakkan enam roket dari sistem peluncuran HIMARS dan dua di antaranya berhasil ditembak jatuh. Moskow tidak merinci waktu serangan tersebut.

Pasukan Ukraina menembakkan enam roket dari sistem peluncuran Himars

KIEV — Pasukan Ukraina menembakkan roket ke sebuah fasilitas di wilayah Donetsk timur tempat tentara Rusia ditempatkan. Menurut laporan Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (2/1/2023), serangan itu menewaskan 63 dari pasukannya.

Pasukan Ukraina menembakkan enam roket dari sistem peluncuran HIMARS dan dua di antaranya berhasil ditembak jatuh. Moskow tidak merinci waktu serangan tersebut.

Menurut Gubernur wilayah Samara Rusia Dmitry Azarov, sejumlah penduduk yang tidak disebutkan namanya di wilayah itu termasuk di antara korban meninggal dan terluka akibat serangan di kota Makiivka. Blogger militer Rusia yang informasinya sebagian besar dapat diandalkan selama perang mengatakan, bahwa amunisi yang disimpan di dekat fasilitas tersebut telah meledak dalam serangan itu dan menyebabkan tingginya jumlah korban.

Pejabat pemerintahan yang ditunjuk Rusia di Donetsk yang diduduki Rusia Daniil Bezsonov menyatakan kemarahan. Dia menyerukan hukuman terhadap perwira militer yang memerintahkan sejumlah besar pasukan untuk ditempatkan di fasilitas tersebut.

BACAAN LAIN:
Jet Tempur Israel Serang Tempat Produksi Roket Hamas di Gaza

 

Sebagai langkah yang lanka, militer Ukraina mengakui serangan terbaru tersebut. Staf Umum Ukraina mengonfirmasi bahwa Makiivka diserang pada 31 Desember dan menyatakan 10 kendaraan militer Rusia hancur atau rusak. Dia menambahkan bahwa meninggalnya personel Rusia masih diklarifikasi.

Dalam klaim yang tidak dapat diverifikasi secara independen, Direktorat Komunikasi Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina menyatakan pada Ahad (1/1/2023), bahwa sekitar 400 tentara Rusia yang dimobilisasi tewas di sebuah gedung sekolah kejuruan di Makiivka dan sekitar 300 lainnya terluka. Pernyataan Rusia mengatakan, serangan terjadi di daerah Makiivka dan tidak menyebutkan sekolah kejuruan.

BACAAN LAIN:
China Buka Sepenuhnya Perbatasan dengan Hong Kong dan Makau

Sedangkan Rusia tetap melancarkan serangan ke ibu kota Ukraina dengan mengerahkan pesawat tanpa awak atau drone. Walikota Kiev Vitali Klitschko mengatakan pada Senin, bahwa 40 drone menuju kota itu dalam semalam. Menurut pasukan pertahanan udara Ukraina, armada itu dapat dihancurkan seluruhnya..

Klitschko mengatakan 22 drone dihancurkan di Kiev, tiga di wilayah Kiev yang terpencil, dan 15 di provinsi tetangga. Namun, fasilitas infrastruktur energi rusak akibat serangan dan ledakan terjadi di salah satu kabupaten kota yang belum jelas penyebabnya akibat drone atau amunisi lainnya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Ukraina Tembakan Roket ke Fasilitas Militer Rusia
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!