Kamis, 25/04/2024 - 23:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Harga Minyak Dunia Turun, Pengamat: Pemerintah Seharusnya Turunkan Pertalite

ADVERTISEMENTS

Pemerintah telah menurunkan harga jual BBM nonsubsidi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Pemerintah telah menurunkan harga jual BBM nonsubsidi per Selasa (3/1/2022) imbas dari penurunan harga minyak dunia. Namun, harga jual BBM subsidi seperti Pertalite tetap tak berubah. Harga BBM RON 90 itu masih sama seperti sebelumnya yang dijual dengan harga Rp 10 ribu per liter.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pengamat ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mempertanyakan keputusan tersebut. Menurut Fahmy, dengan perhitungan yang tidak transparan, pemerintah selalu mengatakan harga Pertalite masih di bawah keekonomian. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Gobel: Penciptaan Lapangan Kerja Solusi Terbaik Berantas Kemiskinan

“Harga Pertalite pernah lebih mahal dengan harga BBM yang RON sama. Indikasi harga Pertalite di atas harga keekonomian. Maka pemerintah harus menurunkan harga Pertalite,” ujar Fahmy saat dihubungi Republika di Jakarta, Rabu (4/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Fahmy menyampaikan pemerintah seharusnya berpikir lebih jauh dampak dari perubahan harga Pertalite terhadap perekonomian. Fahmy menilai, keputusan tidak menurunkan harga Pertalite tidak sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong akselerasi perekonomian pascapandemi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Penurunan harga Pertalite akan memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, menurunkan inflasi, dan menaikkan daya beli serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Fahmy.

Berita Lainnya:
Pertamina Tambah Pasokan Gas LPG 3 Kilogram Jelang Lebaran

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati berdalih, pemerintah dan Pertamina tak menurunkan harga jual BBM subsidi karena selama delapan bulan terakhir pada 2022, harus menanggung beban harga jual saat harga minyak dunia melambung tinggi.

“Solar dan Pertalite harganya tetap karena selama ini disubsidi banyak oleh pemerintah. Kami itu, selama harga minyak dunia melambung menjual harga Solar dan Pertalite itu setengah dari harga pasar,” ujar Nicke di SPBU MT Haryono Jakarta, Selasa (3/1/2023).

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi