Rabu, 24/04/2024 - 10:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jari Tiba-Tiba Bengkak? Ini Dia Penyebabnya

ADVERTISEMENTS

Jari-jari Anda bisa bengkak karena berbagai alasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

NEW JERSEY — Pernahkah dari Anda yang jari-jarinya mendadak bengkak? Ahli kinerja tubuh dan cedera serta anggota fakultas klinis tambahan di Divisi Biokinesiologi dan terapi fisik di University of Southern California, dr Rami Hashish, mengatakan jari-jari Anda bisa bengkak karena berbagai alasan. Biasanya tidak terlalu mengejutkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pembengkakan jari yang dimaksud bukan karena artritis atau keseleo jari. Yang dibicarakan saat ini adalah pembengkakan noncedera dan nonmedis. Pembengkakan jari sering kali hanya merupakan efek normal dari beberapa aktivitas sehari-hari. Inilah yang perlu diketahui terkait mengapa jari Anda membengkak, cara mencegahnya, dan apa yang harus dilakukan jika ukuran jari Anda tidak terlihat normal dari biasanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Benarkah Hamil di Atas Usia 35 Tahun Sebabkan Anak Stunting? Dokter Beri Penjelasan

Mengapa jari terkadang bengkak saat berjalan?

ADVERTISEMENTS

Jari-jari Anda bisa bengkak saat berjalan karena kebutuhan aliran darah yang dibutuhkan tubuh saat berolahraga. Hashish mengatakan, untuk mengisi bahan bakar tubuh selama berolahraga, ada peningkatan aliran darah untuk mengirim oksigen ke otot, paru-paru, dan jantung. Peningkatan aliran darah ke organ yang lebih besar ini menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Untuk menangkal itu, pembuluh darah di tangan melebar (atau melebar) untuk memaksimalkan aliran darah dan oksigen. Perluasan pembuluh darah ini menyebabkan jari-jari bengkak,” ujarnya dikutip dari laman Men’s Health, Selasa (3/1/2023)

Apa lagi yang menyebabkan jari bengkak?

Alasan yang lebih umum lagi mengapa jari membengkak adalah retensi cairan. Biasanya disebabkan oleh asupan garam yang berlebihan dan paparan panas. “Pada dasarnya, ini adalah saat terjadi penumpukan cairan di persendian dan jaringan jari,” kata Hashish.

Berita Lainnya:
Alami Osteogenesis Imperfekta, Pelukan Bisa Bikin Si Kembar Patah Tulang

Bagaimana mencegah atau mengurangi pembengkakan jari?

Caranya cukup mudah, tetap terhidrasi dan cobalah untuk tidak mengonsumsi natrium secara berlebihan saat jari cenderung bengkak. Dia juga merekomendasikan untuk membatasi paparan panas yang berlebihan. 

“Tergantung pada penyebab pembengkakan, mengangkat tangan, dan mengoleskan es mungkin bermanfaat untuk menguranginya,” ujarnya.

Pembengkakan jari juga bisa menandakan sesuatu yang lebih serius. Beberapa orang dengan psoriasis mengalami radang sendi psoriatik yang dapat menyebabkan pembengkakan jari. Orang yang kelenjar getah beningnya diangkat juga bisa mengalami masalah yang disebut lymphedema. Temui dokter jika mengalami pembengkakan disertai rasa sakit.

 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi