Kamis, 18/04/2024 - 18:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Martina Navratilova Kena Dua Jenis Kanker Sekaligus, Apa Gejalanya?

ADVERTISEMENTS

Kedua kanker yang diderita Martina Navratilova berhasil ditemukan dalam stadium awal.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Bintang tenis Martina Navratilova terdiagnosis dengan dua jenis kanker, yaitu kanker tenggorokan dan payudara. Meski serius, Navratilova mengungkapkan bahwa diagnosis ganda yang dia terima masih bisa diobati.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebelum terdiagnosis dengan dua jenis kanker, petenis yang memenangkan 18 kali pertandingan Grand Slam ini sempat menemukan adanya pembengkakan kelenjar getah bening di lehernya. Kondisi tersebut mendorong Navratilova untuk melakukan sejumlah pemeriksaan medis.

ADVERTISEMENTS

Dari pemeriksaan inilah Navratilova terdiagnosis dengan dua jenis kanker. Kabar baiknya, kedua kanker yang diidap Navratilova berhasil ditemukan dalam stadium awal. Oleh karena itu, harapan keberhasilan untuk terapi yang akan dia jalani mulai Januari ini sangat baik.

Berita Lainnya:
Mengenal Lebih Dekat Terapi Radiasi untuk Pengobatan Kanker

“Kedua kanker ini masih di stadium awal dengan outcome sangat baik,” jelas juru bicara Navratilova.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai terapi yang akan dijalani oleh Navratilova. Namun, Navratilova akan menjalani rangkaian terapi yang berbeda untuk kedua macam kanker yang diidapnya.

Seperti kanker lainnya, menemukan kanker tenggorokan dan payudara lebih dini dapat memberikan harapan keberhasilan pengobatan yang lebih baik. Oleh karena itu, penting untuk mengenali beragam gejala yang mungkin berhubungan dengan kedua kanker tersebut. Berikut ini adalah gejala kanker tenggorokan dan payudara, seperti dilansir The Sun, Rabu (4/1/2023).

Kanker tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Kanker kepala dan leher merupakan jenis kanker paling banyak ketujuh di dunia dengan lebih dari 800 ribu kasus baru per tahun.

Berita Lainnya:
Dokter Olivia Munn Sarankan Ini untuk Deteksi Dini Kanker

Kanker kepala dan leher bisa mengenai berbagai area di kepala dan leher. Beberapa di antaranya adalah bibir, rongga mulut, kelenjar ludah, rongga hidung dan paranasal, orofaring, nasofaring, hipofaring, dan laring atau pangkal tenggorokan.

Cancer Research UK mengungkapkan bahwa kanker kepala dan leher bisa memunculkan beragam gejala yang patut diwaspadai. Gejala tersebut adalah nyeri telinga, nyeri tenggorokan, benjolan di leher, kesulitan menelan, penurunan berat badan tanpa sebab, batuk, sesak napas, dan perasaan seperti ada benda tersangkut di tenggorokan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi