Pencurian Mural Banksy Terancam Hukuman 12 Tahun Penjara di Ukraina

Ⓒ Hak cipta foto di atas dikembalikan sesungguhnya kepada pemilik foto

Mural Banksy telah diambil dari dinding di kota Hostomel pada 2 Desember.

ADVERTISEMENTS

KIEV — Kementerian Dalam Negeri Ukraina menyatakan pada Senin (2/1/2023), terduga dalang di balik pencurian mural Banksy di kota Ukraina dapat menghadapi hukuman 12 tahun penjara jika terbukti bersalah. Karya seni yang menggambarkan seorang perempuan dengan masker gas dan jubah mandi memegang alat pemadam api telah diambil dari dinding di kota Hostomel pada 2 Desember.

ADVERTISEMENTS

Dalam situs Kementerian Dalam Negeri mengumumkan  bahwa pria yang diyakini mendalangi operasi itu telah diberi pemberitahuan kecurigaan. Dia mengambil karya dari seniman terkenal Inggris yang bernilai lebih dari 9 juta hryvnia.

ADVERTISEMENTS

“Para penjahat mencoba mengangkut grafiti ini dengan bantuan papan kayu dan polietilen. Berkat kepedulian warga, polisi dan aparat keamanan lainnya berhasil menangkap para penjahat,” ujar lembaga pemerintahan itu.

ADVERTISEMENTS

Mural itu berhasil diamankan kembali usai penangkapan terduga. Polisi mengamankan barang bukti tersebut.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Banksy membenarkan telah melukis mural itu dan enam lainnya di tempat-tempat yang dilanda pertempuran sengit setelah Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari. Salah satu mural lainnya menunjukkan seorang pesenam perempuan melakukan handstand di atas tumpukan kecil puing-puing beton. Sedangkan gambar yang lain menunjukkan seorang lelaki tua sedang mandi.

ADVERTISEMENTS

sumber : Reuters

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
Exit mobile version