Sabtu, 20/04/2024 - 03:29 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Disebut Menteri Andalan, Ini Sederet Pujian Jokowi untuk Erick Thohir

ADVERTISEMENTS

Bukan pertama kali Presiden Jokowi memuji kinerja Erick Thohir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Ada kejadian menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Pasar Bawah, Kota Pekanbaru, Riau, pada Rabu (4/1). Saat itu, di tengah kerumunan warga, Presiden Jokowi secara khusus memanggil Menteri Erick Thohir yang sedang bersama sejumlah menteri lain untuk mendekat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sudah kenal dengan menteri andalan saya, belum,” tanya Jokowi kepada masyarakat setelah Erick mendekat.

ADVERTISEMENTS

Warga di sana kemudian serentak meneriakkan nama Erick Thohir. Erick sendiri turut dalam kunjungan presiden untuk memastikan sektor UMKM yang menjadi kekuatan ekonomi nasional tetap tumbuh setelah pemerintah mencabut status PPKM yang sebelumnya membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN yang dipimpin Erick meluncurkan program untuk mendukung UMKM melalui bank Himbara seperti BRI, Mandiri, BNI, dan BSI.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Itu bukan pertama kalinya Presiden Jokowi memuji kinerja Erick Thohir. Berikut sejumlah apresiasi Presiden Jokowi untuk Erick Thohir.

1. Apresiasi karena mencopot dirut Garuda

Seperti diketahui, Erick Thohir memulai tugasnya sebagai Menteri BUMN sejak 23 Oktober 2019. Dua bulan setelahnya, Presiden Jokowi memuji Erick Thohir yang secara tegas mencopot Ari Askhara dari jabatan sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia lantaran ketahuan menyelundupkan motor Harley Davidson di pesawat baru Garuda, Airbus A330 -900.

Berita Lainnya:
ASDP: Pemudik Patuh Bertiket Saat Arus Balik Capai 98,2 Persen

“Menteri BUMN sudah tegas sekali, sudah, itu pesan untuk semuanya, jangan main-main, sudah,” kata Jokowi kepada wartawan, Jumat (6 Desember 2019).

2. Apresiasi karena bongkar korupsi di BUMN

Apresiasi untuk Erick Thohir juga disampaikan Presiden Jokowi dalam sidang tahunan MPR, DPR dan DPD pada 16 Agustus 2022. Saat itu, Jokowi mengapresiasi pemberantasan korupsi yang terjadi  BUMN. Jokowi bilang, korupsi besar di BUMN telah berhasil dibongkar.

“Korupsi besar di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda, berhasil dibongkar dan pembenahan total telah dimulai,” kata Jokowi

Erick kemudian merespon apresiasi presiden dengan mengatakan tindakan atas korupsi besar tidak sekadar memenjarakan pelaku yang terlibat. Namun, bagaimana menciptakan sistem dan integritas yang bagus sebagai bagian dari transformasi BUMN sebagai model korporasi negara yang sehat. BUMN sehat, kata Erick, dapat berkontribusi untuk masyarakat dan negara.

Seperti diketahui, sejak menjadi menteri BUMN pada 23 Oktober 2019, Erick menggaungkan aksi bersih-bersih BUMN. Dia merombak sejumlah petinggi di jajaran direksi maupun komisaris BUMN Erick juga memangkas BUMN yang tidak profitabel. Dari 142 BUMN menjadi 107. Belum cukup, Erick berencana memangkas BUMN menjadi hanya 70 – 80 unit usaha.

3. Puji gagasan Merah Putih Fund

Berita Lainnya:
15 Perusahaan Terbaik di Indonesia versi LinkedIn, Lima Teratas BUMN

Akhir 2021, Presiden Jokowi juga memuji gagasan Erick Thohir mendirikan Merah Putih Fund untuk dapat menyalurkan pendanaan bagi perusahaan rintisan di Tanah Air.

“Saya sangat menghargai apa yang digagas oleh Menteri BUMN, Pak Erick Thohir, dalam menyiapkan sebuah pendanaan, Merah Putih Fund, yang ini nanti akan memberikan suntikan kepada soonicorn-soonicorn (perusahaan rintisan yang berpeluang menjadi unicorn baru) agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta, 15 Desember 2021.

Saat itu, Presiden Jokowi meminta Erick agar melibatkan swasta dan Lembaga Pengelola Investasi (Indonesia Investment Authority) agar dapat meningkatkan sumber pendanaan dan pendampingan bagi perusahaan rintisan.

4. Apreasiasi Transformasi Sarinah

Saat meresmikan wajah baru pusat perbelanjaan Sarinah di Jakarta pada Kamis (14 Juli 2022), Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang telah berhasil melakukan transformasi Sarinah. Jokowi senang Erick mampu memfasilitasi produk-produk unggulan UMKM Tanah Air agar dapat melebarkan sayap hingga pasar internasional.

“Saya senang sekali. Produk-produk lokal dikurasi dengan sangat teliti dipajang dan dipamerkan dengan penataan sangat detail sekali. Kinerja-kinerja profesional seperti ini yang kita mesti apresiasi dan hargai. Inilah the new Sarinah yang telah bertransformasi,” kata Jokowi saat itu.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi