IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Agar Cat Mobil Tetap Kinclong, Ini Caranya

Agar Cat Mobil Tetap Kinclong, Ini Caranya

Cat berfungsi untuk melindungi bodi mobil dari cuaca dan karat.

 JAKARTA — Cat mobil merupakan lapisan terluar bodi kendaraan yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat. Namun cat ini juga sekaligus berfungsi mempercantik tampilan eksterior mobil. 

Dikutip dari siaran pers, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan tren warna yang disukai dalam tiga tahun terakhir ini yaitu putih, hitam, silver dan grey. Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif diawali menggunakan metode “kuas/brushing”.

Kemudian spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi. Lalu mulai menerapkan teknologi “semi robot”, hingga saat ini proses pengecatan melibatkan “full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

Cat bodi kendaraan juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna solid, metallic dan pearl. Itu semua memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan. “Perawatan penampilan mobil yang tetap terjaga juga menambah kenyamanan dalam berkendara”, ujar Bambang.

BACAAN LAIN:
Rencana Mobil Listrik Bocor, Ini Tuntutan Xiaomi

 

Berikut cara merawat cat pada mobil:

 

1. Simpan Kendaraan di Garasi 

Hal ini untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Apabila tidak memiliki garasi, Sahabat dapat menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).

BACAAN LAIN:
Tips Merawat Kendaraan Seusai Terkena Air Hujan

 

2. Mencuci Mobil 

Cuci mobil secara rutin minimal sepekan sekali menggunakan yang air bersih, shampoo mobil dan dilakukan pada tempat yang sejuk.

 

3. Periksa Cat Bodi Mobil 

Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

 

4. Perawatan Pemolesan 

Perawatan ini perlu dilakukan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Pemilik mobil dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Agar Cat Mobil Tetap Kinclong, Ini Caranya
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!