IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Epidemiolog Ingatkan Tetap Pakai Masker

Epidemiolog Ingatkan Tetap Pakai Masker

Covid-19 dapat menginfeksi berulang kali dan menyebabkan masalah kesehatan serius

JAKARTA — Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan tantangan pandemi Covid-19 saat ini bukan lagi tentang dampak akut, keparahan dan kematian. Ia menekankan, Covid-19 adalah penyakit sistemik dan dapat bersifat kronik.

“Perlu diingat ya, Covid itu tidaklah ringan, sehingga jangan karena hanya pemerintah mengatakan Anda bisa lepas masker, bukan berarti Anda harus melakukannya. Karena fakta ilmiahnya, Covid-19 dapat menginfeksi berulang kali dan menyebabkan masalah kesehatan serius jangka panjang,” ujar Dicky kepada Republika, Jumat (6/1/2023).

Ia mengingatkan, banyak masyarakat yang merasa bebas setelah adanya penetapan pencabutan  aturan PPKM pada akhir tahun lalu. Bahkan, sebagian orang lebih memilih tidak memakai masker dan mulai abai dalam tindakan pencegahan lainnya.

“Perlu diingat, pandemik belum berakhir. Sehingga memakai masker masih sangat penting. Bahkan sebenarnya banyak juga yang mengalami infeksi Covid-19 dan tahu betapa beratnya namun tetap abai dengan pencegahan hanya karena mereka tidak dapat melihat akibat mikroskopis dalam tubuhnya saat ini, tapi perlu diingat ini juga dapat berakibat jangka panjang,” tuturnya.

BACAAN LAIN:
KKP Soetta Kembali Perketat Pengawasan Penumpang

 

Peneliti Keamanan Kesehatan Global itu menekankan, yang harus diwaspadai saat ini adalah mutasi dari varian Covid-19. Salah satunya adalah varian XBB.15, karena terdapat potensi kenaikan kasus lantaran kemampuan virus yang menginfeksi sel sekaligus potensi keberadaannya yang lebih lama dalam sel tubuh.

BACAAN LAIN:
Antibodi Covid-19 Masyarakat Sudah 99 Persen, Kenapa Masih Harus Booster Kedua?

“Meski banyak pihak yang menyatakan ingin segera masuk ke endemic, kecendrungan global saat ini sepertinya kita pada akhirnya menuju status hiperendemik dan pada kondisi penyakit yang menurunkan kualitas kesehatan masyarakat dalam jangka panjang,” ujarnya.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Epidemiolog Ingatkan Tetap Pakai Masker
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!