Sabtu, 20/04/2024 - 02:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kasus Begal Bermunculan di Jakarta, Pengamat Tata Kota: Segera Petakan Titik Rawan

ADVERTISEMENTS

Selain peningkatan pengamanan, titik rawan begal diperlukan agar warga waspada.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Pakar Tata Kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga, menyoroti ramainya tindak kriminal pembegalan yang terjadi di DKI Jakarta. Menurut dia, Forkopimda terkait dari Pemprov DKI hingga Polda Jaya perlu bekerja sama meningkatkan keamanan di lokasi tertentu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS

“Pemprov DKI, Satpol PP, Polda Metro Jaya dapat memetakan titik-titik lokasi paling rawan tindakan kriminalitas, termasuk pembegalan di malam-pagi hari,” kata Nirwono saat dihubungi, Jumat (6/1/2022).

Dengan adanya pemetaan nantinya, dia berharap ada sosialisasi yang disampaikan kepada media agar diketahui masyarakat kelak. Tak hanya itu, dengan pemetaan itu, dia berharap juga ada kewaspadaan dari masyarakat untuk mengetahui daerah-daerah yang rawan.

Berita Lainnya:
Said Abdullah Ungkap Pertemuan Megawati-Prabowo Setelah Proses MK Selesai

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Ke depan, Pemprov DKI dan Polda Metro agar mengoptimalkan aplikasi panic button untuk lebih mudah diakses warga jika mengetahui atau mengalami kejahatan,” tuturnya.

 

Menyoal kemanan lebih, dirinya menyarankan adanya siskamling dan patroli di daerah tertentu, tak terkecuali daerah-daerah yang memang dirasa perlu. Bahkan, pemasangan CCTV dan penerangan lampu yang memadai juga dia harap bisa ditingkatkan.

 

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengkonfirmasi sejumlah aksi begal yang kini kian banyak di Jakarta. Namun demikian, dirinya enggan memperbanyak CCTV untuk antisipasi dan keamanan.

Berita Lainnya:
Jimly: MK Bisa Memutus yang Menang Jadi Kalah, Kalah Jadi Menang dalam Sengketa Pemilu

“Kalau konsep nambah CCTV bagus, tapi saya rasa peningkatasn keamanan dengan pak kapolda dan pak pangdam yang perlu ditingkatkan,” kata Heru kepada awak media di Jakarta, Kamis (5/1/2022). 

Ditanya konsep pengetatan bersama beberapa pihak Forkopimda yang ada, kata dia, berbentuk oprasi. Utamanya, yang biasa dilakukan para Kapolres dan Dandim.

“Termasuk juga saya minta operasi lebih di jam rawan,” ucap dia.

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi