Rabu, 24/04/2024 - 11:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Raja yang Sangat Bahagia Disebut Tukang Zina

ADVERTISEMENTS

Si raja takjub dengan bacaan Aqlimun yang mengetahui dirinya tukang zina.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Seorang alim yang terkenal dalam sejarah Islam, Syaikhul Islam Fakhruddin ar-Razi (abad ke-12 dan 13 M), menuliskan kisah menarik dalam bukunya tentang ilmu firasat. Kisah tersebut adalah sebagai berikut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Suatu ketika ada seorang raja yang pandai menyembunyikan keburukannya. Ketika tampil di depan publik, dia menampilkan dirinya penuh wibawa. Namun, di balik itu dia menyembunyikan suatu hal.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Nah, suatu ketika dia menyuruh pelukis untuk menggambarkan wajahnya sebagus mungkin. Setelah selesai, dia menyuruh pembantunya untuk mengirimkan lukisan tersebut kepada seorang ahli ilmu firasat bernama Aqlimun. 

ADVERTISEMENTS

Sebelum berangkat, si raja berpesan, “Jangan sampai si alim itu mengetahui bahwa yang di lukisan itu adalah raja.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Kemudian berangkatlah si pembantu tadi menuju tempat Aqlimun. Tiba di sana, dia berpura – pura sebagai orang yang ingin diketahui kepribadiannya oleh si Aqlimun. 

Berita Lainnya:
Kisah Nabi Muhammad Obati Anak Gadis Yatim Saat Idul Fitri 

Ketika berhadapan dengan si ahli firasat, pembantu itu membuka lukisan tadi. Kemudian dia meminta Aqlimun untuk membaca kepribadian orang yang wajahnya tergambar dalam lukisan tersebut.

Setelah diperhatikan dengan teliti dari bentuk wajah yang ada, Aqlimun mengatakan, “Orang ini sangat suka berzina.” 

Si pembantu tadi tercengang mendengar hal tersebut. Dalam hatinya, berani sekali Aqlimun berkata demikian. Kalau raja mengetahui hal ini, Aqlimun akan mendapatkan hukuman sadis.

Tapi si pembantu tak memedulikan hal itu. Dia kembali kepada raja. Kemudian dia menyampaikan apa yang dikatakan si Aqlimun secara perlahan. “Wahai raja, sang ahli firasat menyebut Anda sebagai orang yang suka berzina.”

Mendengar hal itu, si raja terdiam sejenak. Dia kemudian pergi meninggalkan istananya. Si pembantu tak mengetahui apa yang akan dilakukan si raja.

Diam-diam, si raja tadi mendatangi Aqlimun sang ahli firasat. Ketika berhadapan dengan Aqlimun, si raja berkata, “Engkau benar! Aku memang seperti yang engkau katakana, hanya saja, Aku pandai menyembunyikan semua perbuatan mesum yang aku lakukan.”

Berita Lainnya:
Cara Tobat Dari Perbuatan Zina

Hal yang sama juga pernah dilakukan Ainut Tarim Habib Abdullah bin Muhammad bin Alwi bin Syahabuddin. Suatu ketika ada orang yang datang kepadanya, minta didoakan agar Allah melimpahkan ampunan kepada orang tersebut. Saat melihat wajah orang tersebut, Ainut Tarim langsung mengatakan, “Anta tazni marratain (kamu berzina dua kali).”

Orang tersebut membantah. Kemudian setelah kembali ke tempat tinggalnya, kawan-kawan orang tersebut penasaran. Mereka memastikan lagi, apa benar si orang tadi telah berzina. Setelah berkali-kali ditanya, ternyata benar, dia pernah berzina dua kali. Dosa besar itu dilakukannya beberapa tahun lalu sebelum dia bertobat. Dan dia pun menyesali perbuatan dosa besar tersebut. 

Firasat orang mukmin sangatlah tajam. Dengan mata dan cahaya keimanan yang terpancar dari dirinya, orang mukmin dapat mengetahui hakikat orang yang ada di sekitarnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi