IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

AP I akan Kelola Bandara Kediri pada Semester II 2023

AP I akan Kelola Bandara Kediri pada Semester II 2023

Bandara tersebut dibangun oleh anak usaha PT Gudang Garam Tbk.

 JAKARTA — PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) memproyeksikan dapat mengelola Bandara Dhoho Kediri pada semester II 2023. Bandara tersebut dibangun 100 persen oleh investasi anak usaha PT Gudang Garam Tbk yakni PT Surya Dhoho Investama. 

“Yang akan kita operasikan itu adalah bandara baru Dhoho Kediri yang dibangun PT Gudang Garam dan itu akan dioperasikan AP I. Itu diproyeksikan Agustus atau September 2023,” kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi, Jumat (6/1/2023). 

Faik menjelaskan, bandara tersebut nantinya dapat mengakomodasi lalu lintas penerbangan dan penumpang di Jawa Timur. Begitu juga dalam melayani penerbangan kargo di wilayah tersebut. 

Dia menilai, potensi lalu lintas di wilayah tersebut luar biasa, begitu juga untuk penerbangan haji dan umrah. “Saya kira Kediri akan melengkapi kebutuhan dalam mengakomodasi penumpang di Jawa Timur karena Bandara Juanda juga memiliki keterbatasan,” ungkap Faik. 

BACAAN LAIN:
BMW Catat Penjualan Terlaris di Indonesia pada 2022

 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Dhoho Kediri nantinya bisa melayani penerbangan umrah. Budi menuturkan, beberapa maskapai sudah tertarik untuk membuka penerbangan umrah dari bandara tersebut yakni Garuda Indonesia dan Batik Air. 

“Diharapkan, bandara yang memiliki landasan pacu hingga tiga ribu meter maka Boeing 777 bisa mendarat. Ini bisa memudahkan penerbangan haji dan umrah dari sini,” kata Budi. 

BACAAN LAIN:
Nataru 2022 Picu Peningkatan Penumpang Semua Moda Transportasi

Budi meminta PT Suryo Dhaha Investama dan AP I yang melakukan kerja sama operasi (KSO) pada proyek pembangunan Bandara Baru Kediri tersebut selalu memperhatikan aspek keselamatan. Begitu juga aspek keamanan penerbangan. 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
AP I akan Kelola Bandara Kediri pada Semester II 2023
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!