Jumat, 26/04/2024 - 00:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Makan Pisang Goreng Versi Minyak Makan Merah, Erick Thohir: Rasa dan Warna tidak Berubah

ADVERTISEMENTS

Erick Thohir nilai rasa gorengan versi minyak makan merah tidak berbeda.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 DELI SERDANG — Berdiri di areal pabrik pengolahan minyak makan merah PTPN di Pagar Merbau, Deli Serdang, Menteri BUMN Erick Thohir meraih pisang goreng di hadapannya. Selain pisang, ada aneka gorengan lain seperti kentang dan nugget terhidang panas dan baru diangkat dari wajan. Semuanya digoreng menggunakan minyak makan merah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Rasa dan warna tidak berubah,” ujar Erick, Jumat (6/1/2023), di kawasan PTPN2. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Erick Thohir datang ke Deli Serdang untuk meninjau perkembangan pembangunan tiga pabrik minyak makan merah yang difasilitasi Holding PTPN. Di acara itu, dia mencicipi gorengan dalam demo masak memakai minyak makan merah. Rasa gorengan itu, kata Erick, tak beda dengan minyak goreng lain di pasaran.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Benoa Layani Kapal Pesiar Jumbo, Pelindo Sebut Peran Erick Thohir

Meski sama-sama berasal dari minyak kelapa sawit, hasil penelitian oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) menemukan minyak makan merah lebih sehat dibanding minyak makan biasa. Itu lantaran minyak makan merah tidak melewati proses bleaching sehingga warna merah buah sawit tetap dipertahankan. Sebab, disanalah terkandung karatenoid dan fitonutrien yang kaya provitamin A dan vitamin E. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Kandungan provitamin A yang melimpah pada minyak makan merah dapat menggantikan suplementasi Vitamin A yang antara lain dapat mencegah stunting  (kekerdilan) pada anak. Ini lantaran kombinasi karoten dan tokotrienol di dalamnya juga berperan aktif dalam meningkatkan imunitas tubuh, menekan infeksi saluran pencernaan sehingga metabolisme gizi yang diasup anak dapat terserap maksimum. 

Berita Lainnya:
Mitratel Cetak Laba Bersih Rp 512 Miliar, Tumbuh 4 Persen

Selain itu, komposisi asam lemak pada minyak makan merah juga ikut berperan dalam pembentukan dan perkembangan otak, sistem regulasi hormon pertumbuhan, dan metabolisme anak. Dibandingkan dengan minyak sawit mentah dalam bentuk Virgin Palm Oil (VPO), komposisi asam lemak jenuh Minyak Makan Merah lebih rendah dibanding VPO. 

Dari sisi harga, minyak makan merah dapat dijual dengan harga lebih murah daripada minyak goreng yang dikonsumsi masyarakat saat ini. Itu bisa diwujudkan lantaran memangkas proses penyulingan, yang otomatis juga memangkas biaya produksinya. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi