Jumat, 19/04/2024 - 13:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Penganut Konghucu di Solo Lepas Ratusan Burung dan Ikan Jelang Imlek

ADVERTISEMENTS

888 burung pipit dan 888 ikan lele dilepas jelang Imlek.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

SOLO — Penganut Konghucu di Kelenteng Tien Kok Siedi Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada Ahad (8/1/2023) melepas ratusan burung pipit dan ikan leleke alam dalam ritual tolak bala menjelang Tahun Baru Imlek 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut Ketua Yayasan Kelenteng Tien Kok Sie Solo Sumantri Dana Waluya, sebanyak 888 burung pipit dan 888 ikan lele dilepas ke alam dalam ritual Pao Oenyang dilaksanakan menjelang Imlek.

ADVERTISEMENTS

Upacara Pao Oen diawali dengan kegiatan ibadah yang dipimpin oleh Bhante Matra Maitri Mahastavira dari Jakarta Utara. Mereka membaca doa-doa Nien Ching selama kegiatan itu.

Berita Lainnya:
Ahmad Sahroni Akui Ada Aliran Rp840 Juta dari SYL ke Partai Nasdem

Setelah itu, kata Sumantri, sebanyak 888 burung pipit dilepaskan dari kandang dan 888 ikan lele dilepaskan ke Bengawan Solo.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia menjelaskan, burung dan ikan yang dilepas jumlahnya 888 karena angka tersebut tidak putus, sehingga harapannya keberkahan yang datang dari doa-doa yang disampaikan dalam ritual tersebut juga tidak putus.

“Upacara Pao Oen ini sebagai penanda dimulainya Imlek. Ritual ini, dilakukan supaya umat mendapatkan karma baik atau tolak bala,” kata Sumantri, menambahkan, upacara Pao Oen juga meliputi ritual potong rambut untuk membuang sial.

Berita Lainnya:
Hotman Paris: Kubu 01 dan 03 Ajukan Permohonan Super Cengeng di MK

Dia menyampaikan bahwamelepas burung dan ikan lele saja tidak cukup untuk mendapatkan karma baik. Menurut dia, yang utama dalam usaha untuk mendapatkan karma baik adalah berbuat baik setiap hari.

Penganut Konghucu di Kelenteng Tien Kok Siesebelumnya juga menggelar ritual memandikan Kiem Sien, yang merupakan simbol kesiapan umat membersihkan diri menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2023.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi