IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jokowi Terima Kunjungan Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Bahas Apa?

Anwar Ibrahim dan Jokowi Harus Menjadi Teladan Demokrasi

Kunjungan resmi kenegaraan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kunjungan resmi kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada hari ini, Senin (9/1/2023). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengonfirmasi kepada wartawan terkait pertemuan tersebut.

Kunjungan resmi kenegaraan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Usai menyambut kedatangan PM Anwar Ibrahim, Jokowi diagendakan melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur pada sore harinya.

Menurut Bey, Presiden akan menghadiri festival tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi. “Akan hadiri festival tradisi Islam nusantara,” ujarnya.

Kunjungan bilateral Perdana Menteri Malaysia YM Dato’ Seri Anwar Ibrahim yang baru dilantik pada November 2022 tersebut melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia pada 8 hingga 9 Januari 2022. Kunjungan tersebut atas undangan Presiden RI Joko Widodo.

BACAAN LAIN:
Pendampingan Tenant IC Universitas BSI Kampus Pontianak

 

Pada kunjungan kali ini, PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor untuk membahas kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Malaysia di Putrajaya, Sabtu, PM Malaysia dijadwalkan melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden RI.

Kedua kepala negara/pemerintahan akan meninjau kemajuan kerja sama bilateral, menjajaki potensi kerjasama baru, dan mempromosikan upaya bersama untuk mengatasi tantangan regional dan global.

Beberapa isu penting yang akan dibahas yakni kerja sama ekonomi termasuk potensi investasi Malaysia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, demarkasi darat dan batas laut, serta ketenagakerjaan dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

BACAAN LAIN:
Jadi Sesjen Wantannas, Laksda Dadi Hartanto akan Raih Bintang Tiga

Kedua pemimpin juga akan bertukar pandangan tentang sejumlah isu regional dan global, khususnya terkait situasi di Myanmar dan upaya bersama untuk mengatasi diskriminasi terhadap minyak sawit, di mana Malaysia dan Indonesia merupakan pengekspor terbesar dunia.

Anwar Ibrahim bersama Jokowi juga akan menyaksikan penyerahan 11 Letters of Interest (Lol) dari perusahaan Malaysia untuk berpartisipasi dalam pengembangan IKN Nusantara oleh Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia kepada Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono.

Selain itu, total delapan Nota Kesepahaman (MoU) antara sektor swasta Malaysia dan Indonesia yang diperkirakan bernilai RM 1,16 miliar atau sekitar Rp 4,11 triliun akan ditandatangani di sela-sela kunjungan tersebut.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Jokowi Terima Kunjungan Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Bahas Apa?
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!