Kamis, 25/04/2024 - 15:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALPALESTINA

Kontroversi Menteri Israel Itamar Ben-Gvir Mengacak-Acak Toko di Hebron

ADVERTISEMENTS

Itamar Ben-Gvir sering melakukan provokasi terhadap yang berbeda pendapat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Sepekan terakhir, dunia dihebohkan dengan ulah Menteri Israel Itamar Ben-Gvir yang memasuki area Masjid al-Aqsha, situs suci ketiga umat Islam setelah Masjidil Haram dan Nabawi. Hal itu mengundang kecaman dari berbagai tokoh dan negara, karena dianggap memprovokasi dan melecehkan umat Islam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berdasarkan pantauan, ternyata bukan hanya itu upaya provokasi si menteri ekstremis Yahudi kepercayaan Benjamin Netanyahu. Sebelumnya, terdapat video yang diunggah pada 9 Deember 2022 yang menampilkan Ben-Gvir memimpin sekelompok massa untuk menyerang pihak yang berseberangan dengannya. Diperkirakan itu terjadi beberapa tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Kelompok Ben-Gvir tampak memprovokasi dan menyerang mereka yang berseberangan dengannya yang merupakan pedagang pakaian. Bahkan Ben-Gvir sendiri yang di video itu mengenakan topi khas Yahudi dan berpakaian putih ikut mengacak-acak dagangan si penjual di sana. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bela Palestina, Annie Lennox Pakai Pin Artists4Ceasefire di Gershwin Prize

Video itu diunggah oleh @MaxBlumenthal tahun lalu. Kemudian di-share kembali oleh sejumlah akun pro-Palestina.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Sebelumnya, kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa telah memantik reaksi keras, tak hanya dari Palestina, tapi juga sejumlah negara Muslim, termasuk Indonesia, yang diwakili Wapres Ma’ruf Amin. Mereka menilai, kunjungan tersebut merupakan provokasi yang disengaja.

Pertama adalah karena Al-Aqsa merupakan situs tersuci ketiga umat Islam. Ia berada di Yerusalem Timur, sebuah daerah yang oleh PBB telah dinyatakan sebagai wilayah yang diduduki. Israel sudah menduduki Yerusalem Timur sejak 1967.

Berita Lainnya:
Militer Israel Larang Pengungsi Palestina Pulang

Salah satu dinding kompleks Al-Aqsa berdempetan dengan Tembok Barat atau Tembok Ratapan, situs suci umat Yahudi. Namun karena berada di luar kompleks, umat Yahudi bisa berdoa di Tembok Ratapan dengan leluasa dan tanpa gangguan. 

Kompleks Al-Aqsa telah dikelola secara turun temurun selama ratusan tahun oleh umat Islam di bawah wakaf keagamaan. Wakaf yang didanai Yordania terus mengelola situs tersebut sejak 1967, sementara Israel memegang kendali keamanan. Di bawah kesepakatan lama, status quo Al-Aqsa hanya mengizinkan Muslim menunaikan salat. Sedangkan kunjungan non-Muslim hanya diizinkan pada waktu tertentu.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi