Rabu, 17/04/2024 - 02:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mahasiswa Universitas BSI Raih Juara UI/UX Design Mastery dan People Choice Award

ADVERTISEMENTS

Sebanyak 13 mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI selesaikan MSIB

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Sebanyak 13 mahasiswa Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) berhasil menyelesaikan program Mahasiswa Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka Cycle 3 Tahun 2022 di PT Impactbyte Teknologi Edukasi (Skilvul). Acara Demo Day Skilvul yang bertema Tech4Impact: UI/UX Design Mastery, sukses digelar secara daring, pada Jumat (23/12/2022) silam.

ADVERTISEMENTS

Mahasiswa ini berasal dari program studi (prodi) Sistem Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak. Muhammad Ridwan yang merupakan mahasiswa dari prodi Sistem Informasi berhasil memborong dua penghargaan sekaligus, yakni juara 3 UI/UX Design Mastery dan pemenang people choice awarding versi Youtube pada project challenge yang diadakan oleh Skilvul.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Ridwan bersama rekannya berhasil membuat prototype Aplikasi Penanggulangan Bencana Tanggap Dini. Alasan Ridwan membuat aplikasi ini dikarenakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada pada zona pertemuan lempengan dunia, oleh sebab itu Indonesia menjadi rawan bencana alam.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

“Aplikasi Tanggap Dini bertujuan untuk membantu penanggulangan bencana di Indonesia, yang dapat digunakan oleh masyarakat baik pada fase pra-bencana, bencana, dan pasca bencana. User Interface aplikasi ini memberikan informasi pencerdasan yang bersifat real-time tentang potensi bencana di Indonesia juga penanganan keadaan darurat, permintaan bantuan serta pengiriman bantuan bencana,” jelas Ridwan dalam keterangan rilis.

Berita Lainnya:
Universitas BSI Kampus Ciledug Siap Gelar Workshop Optimalisasi AI untuk Pendidikan

 

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Ia menambahkan, metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini terdiri dari Desain Thinking yang terdiri dari lima tahapan, yakni empathize, define, idate, prototype dan testing. “Empathize merupakan kegiatan wawancara untuk memahami apa yang menjadi kebutuhan dari pengguna. Selanjutnya Define menemukan cara untuk mengatasi masalah dan solus berdasarkan user personal. Tahap ketiga yakni Idate tiap anggota kelompok mengemukakan idenya masing-masing baru menggabungkan ide untuk solusi terbaik,” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

Tahap keempat adalah Prototype atau userflow lanjutnya, yang meliputi User Interface (UI) pendaftaran dan login, informasi kebencanaan dan cuaca, minta dan tawarkan bantuan, SOS, Logo, Riwayat dari permintaan dan penawaran bantuan bencana. User Interface (UI) SOS dibuat dengan tujuan sebagai sinyal bantuan gawat darurat bagi user yang sedang butuh pertolongan, hanya dengan mendaftarkan kontak darurat saja.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Universitas BSI Gelar Berbagi Sesama Insan di Panti Asuhan Al-Adabiy Pontianak

“Tahap terakkhir yakni Testing. Metode ini menggunakan metode In-depth Interview yaitu mewawancarai responden untuk mencari tahu skala kepuasan terkait pemahaman, kebutuhan dan mencari tahu kesulitan yang dihadapi,” ungkap Ridwan.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sementara itu, Rifky Permana selaku Kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI memberi apresiasi serta rasa bangga dan bersyukur pada Ridwan yang berhasil menjadi juara 3 dan terpilih sebagai pemenang like terbanyak versi Youtube.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Saya turut senang dan bangga atas pencapaian Ridwan sebagai juara ke 3 untuk kategori UI/UX Design Mastery dan pemenang people choice awarding versi Youtube dalam kegiatan MSIB cycle 3. Semoga prestasi ini bisa menjadi pemicu semangat untuk rekan-rekan mahasiswa Universitas BSI lainnya agar lebih banyak mahasiswa yang mendaftar dan diterima dalam pelaksanaan MSIB cycle 4 dan untuk ridwan jangan berpuas diri dengan pencapaian yang sekarang sehingga bisa menghasilkan prestasi lainnya dimasa yang akan dating,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi