Jumat, 19/04/2024 - 08:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Pakai Madu Sebagai Pengganti Gula, Kolesterol dan Gula Darah Jadi Lebih Terkontrol

ADVERTISEMENTS

Madu dari bunga apa pun bisa menawarkan manfaat asalkan pemrosesannya tepat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Sebuah penelitian baru menunjukkan manfaat kesehatan penggunaan madu sebagai pengganti gula. Konsumsi madu mentah dari satu sumber bunga disinyalir dapat meningkatkan kontrol gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Hasil ini mengejutkan karena madu mengandung sekitar 80 persen gula,” kata peneliti senior dalam studi tersebut, Tauseef Khan, yang merupakan periset di bidang nutrisi dari Fakultas Kedokteran Temerty Universitas Toronto.

ADVERTISEMENTS

 

Khan menggarisbawahi bahwa penelitiannya tidak menyarankan madu bagi orang yang tengah menghindari gula. Dia dan tim peneliti lebih menyoroti tentang “penggantian”. Mengganti gula pasir, sirup, atau pemanis lain dengan madu dapat menurunkan risiko kardio-metabolik.

Berita Lainnya:
5 Cara Ilmiah untuk Jaga Kesehatan Mata

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Khan menjelaskan, madu adalah komposisi kompleks dari gula, asam organik, enzim, protein, asam amino, mineral, vitamin, dan zat bioaktif yang dibuat oleh lebah madu dari nektar bunga. Secara substansi, madu dan gula sama-sama merupakan karbohidrat. 

Madu dan gula sama-sama terbuat dari glukosa dan fruktosa, tetapi masing-masing memiliki profil nutrisi, tekstur, dan rasa yang berbeda. Untuk mendapat hasil perbandingan konsumsi madu dan gula, tim melakukan tinjauan sistematis dan metaanalisis dari 18 uji klinis.

Seluruhnya melibatkan sekitar 1.100 peserta. Dalam penelitian, tim menggabungkan hasil dari semua uji coba konsumsi madu pada peserta manusia serta kaitannya dengan penyakit metabolisme. Madu yang ditinjau terdiri dari beragam jenis dan varian.

Berita Lainnya:
Benarkah Kolesterol Tinggi Mudah Menimbulkan Rasa Lelah?

Khan menyarankan untuk mendapatkan madu mentah dari peternakan lebah setempat. Madu dari bunga apa pun bisa menawarkan manfaat, seperti yang berasal dari tanaman semanggi serta robinia atau acacia bisa. Akan tetapi, pemrosesan madu harus menjadi perhatian.

Khan lebih menyarankan konsumsi madu mentah yang disaring tanpa dipanaskan. Pemrosesan madu yang melibatkan penyaringan dan proses memanaskan bisa merusak madu, membuat madu kehilangan banyak senyawa bioaktif sehingga akan kehilangan sejumlah efek baik.

Keterbatasan lain dari penelitian adalah kurangnya data dari berbagai varietas madu. “Banyak penelitian menggunakan madu polifloral, yang merupakan madu campuran dan tidak ada yang tahu dari mana asal bunga itu,” ujar Khan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi