IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Harga Ayam Anjlok Lagi, Peternak Demo Tuntut Pemerintah Lakukan Perbaikan

Harga Ayam Anjlok Lagi, Peternak Demo Tuntut Pemerintah Lakukan Perbaikan

Peternak merasa payah harus bersaing dengan perusahaan integrator ternak.

 JAKARTA — Puluhan peternak ayam broiler yang tergabung dalam Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) menggelar aksi demonstrasi di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Selasa (10/1/2023).

Ketua KPUN, Alvino Antonio, mengatakan, harga ayam hidup di kandang kembali turun sejak libur Natal dan Tahun Baru lalu. Dari acuan harga ayam sebesar Rp 21 ribu per kg hingga Rp 23 ribu per kg, harga yang diterima peternak anjlok bahkan menyentuh Rp 15 ribu per kg, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Sementara di Jawa Barat, rata-rata harga hanya sekitar Rp 18 ribu per kg. Adapun, biaya produksi ayam saat ini sudah berada pada kisaran Rp 19.500 per kg hingga Rp 20.500 per kg.

“Penurunan harga ini cukup lama. Indikasinya karena masih banyak perusahaan integrator yang berbudi daya dan menjual ayam hidupya bersamaan dengan milik peternak rakyat,” kata Alvino saat ditemui Republika.

 

BACAAN LAIN:
Inggris Diperkirakan Jatuh ke Jurang Resesi Tahun Ini

Ia menyampaikan, kendati perusahaan integrator juga dapat menjual murah ayamnya, tapi Alvino mengatakan kerugian yang dialami cukup minim bahkan tidak mengalami kerugian. Sebab, para integrator sekaligus menjadi sebagai produsen //day old chick (doc) atau anak ayam usia sehari, pakan, obat-obatan, hingga saluran distribusi sendiri yang sudah tersistem.

BACAAN LAIN:
Pengamat: Penentuan Harga BBM Nonsubsidi Kewenangan Badan Usaha

“Sedangkan kami peternak, membeli sarana produksi dan pakan dari mereka tentu saja dengan harga yang mahal, kami jadi kalah bersaing di sini,” kata dia.

Pihaknya pun menuntut, Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan peraturan presiden tentang perlindungan peternak ayam ras. Ia sekaligus meminta pemerintah untuk mengevaluasi kinerja Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kemenko Bidang Perekonomian, dan Satgas Pangan.

“Karena kami sebagai pelaku UMKM masih belum merasakan keberadaan lembaga negara tersebut,” ujarnya.  

 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Harga Ayam Anjlok Lagi, Peternak Demo Tuntut Pemerintah Lakukan Perbaikan
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!