IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Banyak Anak Kena Rabun Jauh-Silinder tanpa Sadar, Ayo Periksakan Kesehatan Matanya!

Banyak Anak Kena Rabun Jauh-Silinder tanpa Sadar, Ayo Periksakan Kesehatan Matanya!

Dokter menyebut penting untuk melakukan pemeriksaan mata siswa.

JAKARTA — Orang tua perlu melakukan pemeriksaan kesehatan mata anaknya yang sudah duduk di bangku sekolah. Pemeriksaan mata semakin penting sejak pandemi Covid-19 memaksa anak-anak untuk belajar secara daring.

“Pascapandemi Covid-19, banyak anak usia sekolah yang terindikasi memiliki gangguan penglihatan, baik itu mata minus maupun silinder, hal ini bisa dilihat dari data pemeriksaan mata di beberapa sekolah di wilayah Jabodetabek,” ujar dokter spesialis mata dari VIO Optical Clinic Weni Puspitasari di Jakarta, Rabu (11/1/2023.

Tujuan dari pemeriksaan mata yang dilakukan adalah salah satunya ialah untuk mendeteksi masalah kesehatan mata pada anak usia sekolah. Dia menyebut orang tua harus peduli terhadap masalah miopia yang kasusnya booming belakangan ini.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap 2.322 siswa pada rentang usia tujuh tahun hingga 12 tahun didapatkan data bahwa terdapat sekitar 50 persen anak usia sekolah dasar belum pernah melakukan pemeriksaan mata. Hampir 70 persen dari partisipan mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus dan silinder.

BACAAN LAIN:
700 Ribu Anak Meninggal karena Campak per Tahun, Pakar: Campak Bukan Sakit Kaleng-Kaleng

Hal itu melebihi prediksi American academy of Ophtalmology pada tahun 2016 silam, mengenai myopia booming sebelum adanya pandemi.

“Perlu diketahui bahwa kondisi miopia atau minus dapat menurunkan kualitas hidup seseorang, selain itu kondisi miopia atau mata minus juga dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mata penderitanya,” ujar dr Weni.

BACAAN LAIN:
Berhenti Minum Kopi Sebulan, Ini yang akan Terjadi pada Tubuh

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Banyak Anak Kena Rabun Jauh-Silinder tanpa Sadar, Ayo Periksakan Kesehatan Matanya!
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!