IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

China Bantah Terapkan Jebakan Utang ke Negara-Negara Afrika

China Bantah Terapkan Jebakan Utang ke Negara-Negara Afrika

AS berulang kali menuduh China menerapkan jebakan utang pada negara-negara berkembang

 ADDIS ABABA – Menteri Luar Negeri China Qin Gang menolak tuduhan yang menyebut pinjaman dana dari Beijing ke negara-negara Afrika merupakan perangkap atau jebakan utang. Hal itu disampaikan dalam tur diplomatiknya ke Afrika.

“Kontribusi China nyata dalam memperbaiki kehidupan rakyat Afrika. Kami tidak menerima label jebakan utang yang tidak masuk akal,” kata Qin dalam pidatonya saat berkunjung ke Ethiopia, Rabu (11/1/2023), dilaporkan Bloomberg.

Amerika Serikat (AS) adalah pihak yang telah berulang kali menuduh China menerapkan jebakan utang pada negara-negara berkembang. Terkait situasi di Afrika, Qin Gang, mengutip data Bank Dunia, mengatakan, pemberi pinjaman multilateral menyumbang tiga perempat dari utang luar negeri Afrika dan harus memainkan peran lebih besar dalam menyelesaikan masalah pembayaran.

Menurut Finance for Development Lab biaya pembayaran utang eksternal negara-negara Afrika Sub-Sahara kemungkinan akan naik 50 persen pada 2026 dari tingkat 2019. Sebanyak 18 dari 54 negara di Afrika akan berjuang untuk membayar utang mereka.

BACAAN LAIN:
Rencana Implementasi Lima Poin Konsensus Myanmar Didukung Semua Anggota ASEAN

Meski dituduh AS, dalam pidatonya di Ethiopia, Qin Gang tetap menyerukan peningkatan hubungan antara Beijing dan Washington. Menurutnya, alih-alih bersaing, kedua negara harus bisa saling bekerja sama dan hidup berdampingan.

“Tidak ada negara, tidak ada orang yang berhak memaksa negara-negara Afrika dan orang-orang untuk memihak. Afrika harus menjadi panggung besar kerja sama internasional, bukan arena persaingan negara-negara besar,” ujar Qin.

BACAAN LAIN:
Swedia Akui Lebih Banyak Berikan Pendanaan Kepada PKK Ketimbang Finlandia

Selain Ethiopia, Qin akan mengunjungi Gabon, Angola, Benin, dan Mesir. Tur diplomatiknya ke Afrika menjadi perjalanan luar negeri pertamanya sejak dilantik sebagai menteri luar negeri.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
China Bantah Terapkan Jebakan Utang ke Negara-Negara Afrika
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!