IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Dubes Turki Serahkan Surat Kredensial ke Presiden Israel

Dubes Turki Serahkan Surat Kredensial ke Presiden Israel

Israel nilai hubungan dengan Turki berada pada jalur yang sangat menggembirakan

TEL AVIV – Duta Besar Turki untuk Israel Sakir Ozkan Torunlar menyerahkan surat kredensialnya kepada Presiden Israel Isaac Herzog, Rabu (11/1/2023). Itu menjadi langkah terbaru Turki dalam upayanya membangun kembali hubungan dengan Tel Aviv.

“Hari ini kami menyelesaikan langkah penting lainnya, mencapai tonggak sejarah lainnya dalam memperkuat hubungan kami serta memperdalam persahabatan antara Turki dan Israel,” kata Herzog setelah upacara penyerahan surat kredensial berlangsung, dikutip laman Al Arabiya.

Menurut Herzog, saat ini hubungan Israel dan Turki berada pada jalur yang sangat menggembirakan. Dia pun mengundang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk berkunjung ke Israel.

Saat ini Israel dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Erdogan mempunyai sejarah ketegangan dengan tokoh pemimpin Partai Likud tersebut. Namun ketika koalisi Netanyahu memenangkan pemilu Israel pada November 2022 lalu, Erdogan mengucapkan selamat kepadanya.

BACAAN LAIN:
Taiwan Jalin Hubungan dengan Republik Ceko

Baru-baru ini, Turki menjadi salah satu negara yang mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir ke kompleks Masjid Al-Aqsa. Ankara menilai, kunjungan tersebut provokatif. Ben-Gvir merupakan tokoh penting dalam koalisi dan pemerintahan Netanyahu.

Turki dan Israel telah memulihkan hubungan diplomatiknya pada Agustus 2022. Momen itu berlangsung ketika Israel masih dipimpin mantan perdana menteri Yair Lapid. Dalam sebuah percakapan telepon pada 17 Agustus tahun lalu, Erdogan dan Lapid bertukar ucapan selamat atas kesepakatan pemulihan hubungan bilateral Turki-Israel.

Lapid menilai, pemulihan hubungan akan menghasilkan banyak prestasi, terutama di bidang perdagangan dan pariwisata. “Ini akan tercermin dalam dimulainya kembali penerbangan Israel ke Turki dan pertemuan Komisi Ekonomi Gabungan di Israel pada September mendatang,” kata kantor perdana menteri Israel dalam sebuah pernyataan kala itu.

Erdogan dan Lapid pun sama-sama menekankan tentang pentingnya hubungan Israel-Turki untuk menjaga stabilitas regional. Presiden Israel Isaac Herzog turut menyambut pemulihan hubungan diplomatik dengan Turki.

“Saya memuji pembaruan hubungan diplomatik penuh dengan Turki, perkembangan penting yang telah kami pimpin selama setahun terakhir, yang akan mendorong hubungan ekonomi yang lebih besar, pariwisata bersama, serta persahabatan antara masyarakat Israel dan Turki,” tulis Herzog lewat akun Twitter resminya.

BACAAN LAIN:
Ukraina Desak Uni Eropa Jatuhkan Banyak Sanksi Kepada Rusia

Pada awal Maret 2022, Erdogan menyampaikan, dia ingin menghidupkan kembali dialog politik dengan Israel. Hal itu diumumkan saat Isaac Herzog melakukan kunjungan bersejarah ke Turki pada 9 Maret tahun lalu. “Tujuan bersama kami dengan Israel adalah untuk menghidupkan kembali dialog politik antara negara kami berdasarkan kepentingan bersama, menghormati kepekaan timbal balik,” kata Erdogan dalam konferensi pers bersama Herzog, dikutip Anadolu Agency.

Erdogan mengungkapkan, kunjungan Herzog ke Turki menjadi titik balik baru dalam hubungan bilateral Ankara dan Tel Aviv. Menurut dia, penguatan relasi dengan Israel penting bagi stabilitas serta perdamaian regional. Oleh sebab itu, Erdogan menekankan kepada Herzog tentang pentingnya mereduksi ketegangan di kawasan, termasuk menjaga visi solusi dua negara terkait konflik dengan Palestina.

Hubungan Turki dan Israel membeku setelah peristiwa penyerangan kapal Mavi Marmara pada Mei 2010. Mavi Marmara adalah satu dari enam kapal yang bertolak dari Turki untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Sebanyak 10 warga sipil Turki tewas dalam aksi penyerangan Israel ke kapal tersebut.

sumber : AP

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Dubes Turki Serahkan Surat Kredensial ke Presiden Israel
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!