Selasa, 16/04/2024 - 12:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Rupiah Menguat Tajam Masih Ditopang Revisi Aturan DHE

ADVERTISEMENTS

Pasar menyambut positif revisi PP Nomor 1 Tahun 2019.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (13/1/2023) sore ditutup menguat tajam, masih ditopang oleh revisi aturan Devisa Hasil Ekspor (DHE) oleh pemerintah. Rupiah ditutup menguat 190 poin atau 1,24 persen ke posisi Rp 15.149 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 15.339 per dolar AS.

ADVERTISEMENTS

“Pendorong utama rupiah adalah revisi PP Nomor 1 Tahun 2019 tentang DHE. Pasar menyambut positif revisi ini yang diharapkan akan dapat meningkatkan cadangan devisa kita secara optimal,” kata Chief Analyst DCFX Futures Lukman Leong saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
ShopeeFood Tawarkan Inovasi Baru untuk Pengguna di Bulan Ramadhan

Lukman menyampaikan walau mencetak rekor surplus neraca perdagangan terbesar sepanjang sejarah, cadangan devisa Indonesia masih tidak meningkat signifikan yang disebabkan banyaknya devisa yang diparkir di luar negeri.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Sementara itu penopang rupiah lainnya yaitu inflasi AS pada Desember 2022 melambat menjadi 6,5 persen (yoy) dari bulan sebelumnya 7,1 persen (yoy). Perlambatan itu sesuai dengan ekspektasi pasar. Selain itu inflasi inti juga melambat menjadi 5,7 persen (yoy) dibandingkan sebelumnya 6 persen (yoy).

“Data inflasi AS yang lemah memberikan dukungan tambahan pada rupiah,” kata Lukman.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Di satu sisi, perlambatan tersebut menumbuhkan optimisme investor terhadap potensi pembalikan arah kebijakan bank sentral AS,Federal Reserve (Fed) dari saat ini akan mempertahankan suku bunga di 5,25 persen hingga awal 2024 menjadi pemangkasan suku bunga mulai kuartal IV 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Bulog Serap 64 Ribu Ton Beras Selama Musim Ramadhan dan Lebaran

Akan tetapi, lanjutnya, di sisi lain investor khawatir perlambatan tersebut dapat kehilangan momentum karena inflasi sektor jasa yang masih tinggi.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp 15.210 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp 15.135 per dolar AS hingga Rp 15.233 per dolar AS. Sementara itu kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Jumat menguat ke posisi Rp 15.177 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp 15.366 per dolar AS.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

 

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi