Sabtu, 20/04/2024 - 00:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Walaupun Cuma 10 Menit, Sebesar Ini Dampak Jalan Kaki pada Tubuh

ADVERTISEMENTS

Kalau tak punya banyak waktu, cobalah berjalan kaki 10 menit sehari.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Secara umum, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik berintensitas sedang sebanyak 30 menit per hari. Namun, bila sedang tak memiliki banyak waktu, berjalan kaki selama 10 menit juga bisa membawa manfaat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Salah satu hal paling berbahaya yang kita bisa lakukan untuk kesehatan kita adalah menjalani hidup sedenter (tidak aktif),” jelas dokter spesialis kedokteran olahraga di Yale Medicine, Dr Samantha Smith, seperti dilansir Huffington Post, Kamis (12/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Para ahli mengungkapkan bahwa melakukan aktivitas fisik dengan durasi yang pendek jauh lebih baik dibandingkan tak melakukannya sama sekali. Bahkan hanya dengan berjalan kaki 10 menit per hari, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut ini sederet manfaat tersebut:

Berita Lainnya:
Tips Mental Sehat Setelah Libur Lebaran, Hindari Kebanyakan Scrolling Medsos

Memperbaiki aliran darah

Saat tubuh hanya duduk atau berdiri, darah akan menumpuk di kaki. Namun, ketika kaki digerakkan untuk berjalan, otot akan berkontraksi dan membantu melancarkan aliran darah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Smith, aliran darah yang baik sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah menunjang jaringan yang sehat hingga mengurangi risiko terjadinya gumpalan darah.

Lebih nerenergi

Saat berjalan kaki, darah akan mengalir dengan lebih baik. Kondisi ini akan turut meningkatkan kadar energi di dalam tubuh.

Berita Lainnya:
Habis Makan Banyak Saat Lebaran, 6 Hal Ini Perlu Anda Lakukan

“Anda akan merasa lebih aktif,” kata Prof Jamie Shapiro.

Menyisihkan sedikit waktu untuk berjalan kaki di saat sedang bekerja juga dapat bermanfaat bagi pekerja. Menurut Prof Shapiro, trik ini bisa membuat pekerja lebih terhindar dari burn out.

Meningkatkan detak jantung

Ketika berjalan kaki, detak jantung juga akan kut meningkat. Peningkatan detak jantung saat beraktivitas fisik bisa membantu memperkuat otot jantung dan mengoptimalkan kebugaran. Olahraga aerobik seperti jalan kaki juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, menghambat perkembangan osteoarthritis, serta memperkuat otot.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi