Jumat, 19/04/2024 - 12:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Haedar Nashir: Muhammadiyah Harus Unggul secara Kualitas

ADVERTISEMENTS

Kader Muhammadiyah harus menginspirasi kehidupan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 MAKASSAR — Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir berpesan kepada warga Muhammadiyah di Sulawesi Selatan dapat mengikuti spirit pembaharuan pendiri Muhammadiyah, Kiai Haji Ahmad Dahlan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Jadi kalau sekarang kita lagi semangat bikin pesantren, bukan pesantren dengan gaya lama. Harus terinspirasi dengan ‘tajdid’ Kiai Ahmad Dahlan,” katanya saat bersilaturahmi bersama warga Muhammadiyah Sulawesi Selatan (Sulsel) di Balai Sidang Muktamar 47 Unismuh Makassar, Ahad (15/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurut Guru Besar Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, ber-Muhammadiyah merupakan ikhtiar agar hidup lebih berguna dan bermaslahat.

Ia mengutip Alquran Surah Ali Imran 110, “Khairu Ummah” itu bukan umat yang awam, melainkan umat yang terpilih. Khairu Ummah, kata Haedar, dicontohkan oleh pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. 

“Kiai Dahlan bikin sekolah dengan mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu pengetahuan barat. Ia bikin sesuatu yang berbeda, itulah ‘tadjid’ atau pembaruan,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mengapa Wanita Hadramaut Bercadar?

Untuk itu, kata dia, Muhammadiyah harus unggul secara kualitas. Saat ini, Muhammadiyah memiliki 171 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah, juga harus unggul secara kualitas.

“Kita bersyukur Unismuh Makassar masuk lima besar universitas terbaik di Sulawesi, apalagi telah memiliki Fakultas Kedokteran yang telah terakreditasi A,” katanya.

Haedar menyebut, sekolah-sekolah Muhammadiyah juga harus memiliki kualifikasi unggul. “Apakah sekolah-sekolah Muhammadiyah sudah masuk 10 besar? Kita harus berkomitmen untuk meraih sesuatu yang lebih baik,” ujarnya.

Apalagi, kata dia,tantangan zaman yang dihadapi semakin berat. Ia merujuk sejarawan Yuval Noah Harari yang menyebut saat ini “homo sapiens” telah bergeser menjadi “homodeus”.

“Deus itu dewa, dewanya adalah revolusi teknologi. Ada ‘artificial intelligence’ dan berbagai teknologi robotik,” katanya.

Tantangan tersebut, kata HaedarNashir, harus disambut Muhammadiyah dengan semangat “fastabiqul khairat”, berlomba-lomba berbuat kebajikan.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel Dr Muh Syaiful Saleh, mengatakan Makassar merupakan tempat bersejarah bagi Haedar dan Noordjannah, sebab di tempat ini keduanya terpilih sebagai pimpinan puncak organisasi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Berita Lainnya:
Di Manakah Adam-Hawa Diturunkan dan di Mana Lokasi Pertemuan Keduanya? 

“Pada tahun 2015, Pak Haedar terpilih sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah untuk pertama kali, sedangkan Ibu Noordjannah terpilih sebagai Ketua Umum Aisyiyah untuk kedua kali,” ujarnya.

Bukan hanya itu, kata dia, keduanya juga pernah hadir di Makassar pada tahun 1985. Saat itu, keduanya hadir sebagai pengurus Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) dalam seminar perkaderan.

“Pak Haedar hadir sebagai Wakil Ketua I PP IPM, sedangkan Ibu Noordjannah sebagai Ketua Bidang di PP IPM. Saya saat itu jadi Ketua Pimpinan Daerah IPM Makassar,” tambahnya.

Ternyata, tidak lama setelah balik dari Makassar, HaedarNashir dan Noordjannah berjodoh, dan menikah pada awal 1987, demikian Muh Syaiful Saleh.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi