IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Kepala Staf Kepresidenan Ingin Durian Indonesia Jadi Komoditas Unggul Dunia

Kepala Staf Kepresidenan Ingin Durian Indonesia Jadi Komoditas Unggul Dunia

Indonesia memiliki banyak komoditas buah yang tak dimiliki oleh negara lain

JAKARTA — Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko konsisten mempromosikan komoditas unggulan lokal, termasuk salah satunya buah durian khas berbagai daerah di Indonesia. Ia berharap durian lokal Indonesia bisa mendunia menyaingi durian asal Thailand dan Singapura.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan kontur tanah dan kondisi cuaca yang baik. Keuntungan ini seharusnya bisa dijadikan sebagai peluang untuk menghasilkan komoditas-komoditas unggul, khususnya di bidang pertanian hortikultura.

“Indonesia ini negara tropis yang punya berbagai komoditas buah yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Hanya ada beberapa kesamaan komoditas di negara-negara Asia Tenggara. Tapi tetap saja, jangan sampai pasar dunia dikuasai oleh negara lain. Indonesia juga harus mampu bersaing,” ungkap Moeldoko, dikutip dari siaran pers KSP, Ahad (15/1/2023).

Sebelumnya, Moeldoko yang dijuluki Panglima Tani ini menanam bibit durian Bawor di Pekalongan, Jawa Tengah, pada Desember lalu. Di sela-sela kunjungan dinasnya ke Pangkalpinang, Bangka Belitung pada Jumat (12/1/2023) kemarin, Moeldoko kembali menanam bibit durian unggul jenis Super Tembaga dan Cumasi khas Kepulauan Bangka Belitung di lahan seluas 3,5 hektar di desa Petaling.

BACAAN LAIN:
Confirm! Beras Premium Dioplos dan Beras Biasa Dikemas Premium

Khususnya durian varian Super Tembaga yang terkenal dengan warna kuning oranye seperti tembaga. Selain itu, daging buah durian Super Tembaga sangat tebal dengan tekstur yang lembut.

“Durian super tembaga ini adalah varian khas Bangka Belitung yang sangat terkenal. Untuk itu, komoditas ini perlu dikembangkan karena punya nilai ekonomi yang sangat tinggi,” kata Moeldoko.

BACAAN LAIN:
MIND ID akan Tambah Kepemilikan Saham di Vale Indonesia

Ia pun berkomitmen untuk terus mempromosikan komoditas-komoditas unggulan di daerah, termasuk produk pertanian hortikultura untuk mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. “Sehingga pada akhirnya, kita pun dikenal sebagai negara penghasil dan eksportir. Kita tunjukkan bahwa tidak hanya Thailand yang bisa menjual durian berkualitas dunia,” kata Moeldoko.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Kepala Staf Kepresidenan Ingin Durian Indonesia Jadi Komoditas Unggul Dunia
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!