Selasa, 23/04/2024 - 14:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Masyarakat Akar Rumput Beri Nilai Positif untuk Erick Thohir

ADVERTISEMENTS

Masyarakat saat ini menilai positif terhadap kinerja Menteri BUMN Erick Thohir

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar Phil Sukri mengatakan masyarakat menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki kemampuan personal sehingga mendapat citra positif di tataran akar rumput.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Masyarakat saat ini menilai positif terhadap kinerja Menteri Erick Thohir, baik di kabinet maupun di luar tugas beliau sebagai pejabat publik,” kata Phil Sukri melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (15/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Phil mengatakan hal itu guna menanggapi platform monitoring dan analisis media sosial MediaWave yang mengeluarkan hasil monitor dan analisis percakapan serta pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju selama periode 1-31 Desember 2022.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pertamina Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Letusan Gunung Ruang

Hasilnya, dari formulasi Earned Media Share of Sentiment (EMSS), lima nama menteri memiliki sentimen positif cukup tinggi yang dibicarakan publik melalui media sosial. Dari kelima nama tersebut, Erick Thohir menempati urutan tertinggi dengan capaian 23,11 persen dan total percakapan sebanyak 220.518; diikuti Menteri Sosial Tri Rismaharini di peringkat kedua dengan EMSS sebesar 2,67 persen dengan total percakapan sebanyak 8.750.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Berikutnya, peringkat ketiga disematkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto dengan EMSS sebesar 1,82 persen dengan total percakapan 4.423.

Sukri menilai hasil persepsi publik dan analisis media sosial yang dikeluarkan MediaWave, kinerja mantan presiden Inter Milan FC tersebut sebagai Menteri BUMN maupun jabatan di luar pemerintahan mendapat respons positif dan dibicarakan publik.

Berita Lainnya:
Banjir Terjang Objek Wisata Pemandian, Satu Orang Meninggal Dunia

Informasi kemampuan personal mengerjakan berbagai tugas berat Erick itu tersedia di ruang publik melalui media massa dan menjadikannya top of mine sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hingga kini, menurut Phil Sukri, belum ada citra negatif yang mengarah ke Erick, sehingga citranya di akar rumput sangat baik. Dia juga menilai citra itu dapat berdampak signifikan terhadap elektabilitas. “Image positif tersebut akan mudah diingat masyarakat,” ujarnya.

Prestasi dan pembicaraan positif yang ada di ruang publik juga memiliki keterikatan kuat di survei politik, baik untuk calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres). Menurut Phil, dalam melakukan survei politik, lembaga survei akan menanyakan kepada responden mengenai preferensi masyarakat untuk memilih capres atau cawapres.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi