IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun

Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun

Membiasakan menanam akan mengurangi ketergantungan untuk membeli.

MANADO — Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak tokoh agama menjaga ketahanan pangan melalui pekarangan rumah.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut Sarbin Sehe mengatakan mempelopori kegiatan “Mari Ba Kobong” (mari berkebun) di lingkungan Kementerian Agama Sulawesi Utara. “Ini program bagus, mengedukasi masyarakat kita untuk kedaulatan pangan. Karena itu saya mengajak pemuka dan tokoh agama, pengurus rumah ibadah, umat beragama serta ASN Kemenag untuk memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah,” ujar Sarbin, Ahad (15/1/2023).

Menurutnya, dengan membiasakan menanam akan mengurangi ketergantungan untuk membeli. “Manfaatkan lahan pekarangan untuk tanaman produktif, minimal dapur hiduplah seperti cabai, tomat, rempah-rempah dapur serta sayur yang mudah tumbuh, kacang panjang, gedi, daun singkong, supaya kita tak perlu beli lagi,” jelasnya.

Di wisma haji, katanya, karena pekarangannya cukup luas, ditanami buah-buahan seperti rambutan, alpukat, matoa, manggis, dukuh, dan mangga. Tanaman ini memang membutuhkan waktu tahunan untuk panen.

BACAAN LAIN:
Terungkap, Rasmus Paludan Pembakar Alquran Berotak Mesum dan Seorang Kriminal  

 

“Kita menanam saja, biar nanti generasi berikutnya yang menikmatinya,” ujar Sehe di wisma haji saat sedang menanam bibit pohon Matoa.

Dia menyatakan mendukung program Gubernur Mari Ba Kobong untuk ketahanan dan kedaulatan pangan. “Daerah ini ditanami apapun pasti hidup. Karena itu dirinya berharap seluruh jajarannya intens membantu melaksanakan program ini dan turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat luas,” katanya.

BACAAN LAIN:
Meski Bukti Kuat, Pengadilan Kanada Enggan Sebut Serangan Atas Marzouk Aksi Anti-Muslim  

“Mari ba kobong, menjadi kegiatan penutup dari seluruh rangkaian peringatan HAB Ke-77 Kementerian Agama tahun 2023,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Kemenag Sulut Ajak Tokoh Agama Jaga Ketahanan Pangan dengan Berkebun
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!