Selasa, 16/04/2024 - 12:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIFINANSIAL

Wamenkeu: 2022 Tahun Penuh Tantangan tapi Bisa Dilewati

ADVERTISEMENTS

Wamenkeu mengatakan, 2022 merupakan tahun penuh tantangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, 2022 merupakan tahun penuh tantangan. Kendati demikian, hal itu bisa dilewati dengan baik dengan berbagai tanda pemulihan ekonomi pun mulai terlihat dan terus berlanjut. 

ADVERTISEMENTS

Hal itu disampaikannya saat hadir dan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Pimpinan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kemenkeu. Suahasil juga meminta seluruh jajaran DJBC bisa terus memantau perkembangan ekonomi melalui pelaksanaan beragam tugas yang berkaitan dengan kepabeanan dan cukai.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Beberapa hari lalu ketika saya dan Bu Menteri (Menkeu Sri Mulyani) kita bicara mengenai penerimaan, saya ingin sampaikan sekali lagi dua fungsi penerimaan kalau buat saya. Pertama, penerimaan fungsinya dikumpulkan supaya nanti bisa dipakai untuk belanja,” ujar Suahasil dalam keterangan resmi, Senin (16/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Indef: Perlu Ada Studi Sosiologi Optimalkan Potensi Ekonomi Syariah

Menurutnya, itu bukan satu-satunya fungsi dari penerimaan. Fungsi lain penerimaan yaitu mendorong kegiatan ekonomi melalui pemberian insentif.

“Dua fungsi penerimaan ini baik itu dilakukan oleh pajak maupun oleh Bea Cukai nanti kontribusinya kepada pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, pengurangan pengangguran, pengurangan inequality, dan seterusnya,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Selanjutnya, Suahasil juga mengatakan, pada tahun ini, Indonesia akan masuk dan melanjutkan pemulihan. Ia menilai, saat ini menjadi kesempatan untuk mencari sumber penerimaan baru. Dia menekankan, terdapat empat sumber penerimaan baru di antaranya hilirisasi industri, penggunaan produk dalam negeri yang memiliki kandungan lokal tinggi, UMKM, dan ekonomi hijau.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
UMKM Pakaian di Tangerang Raup Rp 90 Juta Selama Ramadhan

Suahasil juga menyinggung mengenai Devisa Hasil Ekspor (DHE) serta tren penurunan harga hasil SDA seperti batu bara, CPO, dan minyak yang akan berdampak kepada penerimaan. “Kita bukan hanya bicara tentang substansi ekonominya tetapi berbagai macam manajemen, integritas soal fasilitas kita, soal kelengkapan untuk staf dan juga jajaran kita,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024
AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi