Selasa, 23/04/2024 - 15:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Zulhas: Pemerintah Kembali Beri Subsidi Kedelai Rp 1.000 per Kilogram

ADVERTISEMENTS

Zulkifli turut mengapresiasi pengusaha yang telah mendatangkan kedelai.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meyakini harga kedelai bakal segera mengalami penurunan seiring masuknya kedelai impor mulai awal tahun ini. Pemerintah juga bakal kembali memberikan subsidi kedelai agar harga yang diterima perajin tahu dan tempe lebih terjangkau.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pada Ahad (15/1/2023) sebanyak 56 ribu ton kedelai telah masuk ke Indonesia melalui Krakatau International Port di Cilegon, Banten oleh FKS Group.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Zulkifli mengatakan, harga jual kedelai impor yang baru datang itu sebesar Rp 12 ribu per kg. Selanjutnya, subsidi dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam pemberian penggantian selisih harga menjadi Rp 11 ribu per kg.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Faisal Ungkap Nama Tiga Menteri yang Paling Vulgar Politisasi Bansos: Airlangga, Bahlil dan Zulhas

“Ini merupakan kelanjutan program bantuan kedelai pemerintah yang dilanjutkan oleh Badan Pangan Nasional,” kata Zulkifli dalam keterangan resminya, Senin (16/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dengan terus masuknya pasokan kedelai impor dan pemberian subsidi tersebut, diharapkan harga kedelai mulai Januari hingga Maret 2023 dapat stabil sehingga pada Ramadhan dan Lebaran harga kedelai berangsur turun dan stabil.

Zulkifli turut mengapresiasi pengusaha yang telah mendatangkan kedelai. “Pengusaha ini aset, kita harus dukung. Pengusaha kalau bisa efisien, harga kedelai akan menjadi lebih bagus. Saya sudah mengusulkan agar subsidi berupa harga diberikan langsung kepada importir,” imbuhnya.

Berita Lainnya:
PHE Sebut Eksplorasi Migas Berhasil Kantongi 3 Temuan Cadangan Besar

Berdasarkan data CBOT hingga Jumat (13/1/2023), harga kedelai secara internasional tercatat sebesar 14,99 dolar AS per gantang. Harga tersebut turun 0,2 persen dibanding awal Januari 2023 lalu.

Sementara, berdasarkan pantauan harga kedelai di tingkat Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia tercatat sebesar Rp 13.175 per kg, atau turun 3,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan di tingkat importir harga kedelai tercatat sebesar Rp 12 ribu per kg.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi