Sabtu, 20/04/2024 - 02:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Anak 4 Tahun Telan Gelang Magnet, Bikin Dokter Kaget Karena Sempat Dikira Usus Buntu

ADVERTISEMENTS

Usus buntu sudah diangkat, tapi si anak tetap sakit perut bahkan muntah empedu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Sebuah studi kasus yang rencananya diterbitkan pada Februari 2023 berjudul Journal Of Pediatric Surgery Case Reports menceritakan kisah seorang anak usia empat tahun di Amerika yang tak disebutkan namanya menelan gelang magnet. Dokter tercengang setelah menemukan bahwa rasa sakit “kolik” anak itu ternyata disebabkan oleh gelang magnet yang ditelannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut dokter, hal itu bisa sangat berbahaya, lantaran bisa menempel ke tulang rusuk. “Kami mempresentasikan kasus seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang menelan banyak manik-manik magnet,” tulis studi tersebut dilansir New York Post, Selasa (17/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Menurut studi tersebut, anak itu telah dibawa ke rumah sakit setelah mengalami sakit perut kolik selama dua hari, termasuk beberapa kali muntah dan sembelit. Setelah pemeriksaan, dokter awalnya mendiagnosa bocah itu dengan radang usus buntu akut dan mengangkat usus buntunya. Namun, sakit perutnya tetap ada, bahkan mulai muntah cairan empedu tiga hari setelah operasi.

Berita Lainnya:
Libur Lebaran, Kemenkes Minta Warga Waspadai Flu Singapura

Setelah gejalanya masih belum mereda, dokter melakukan USG untuk melihat apa yang salah. Saat itulah mereka menemukan penyebab mengejutkan dari rasa sakitnya, ternyata ada gelang di dalam perut sang anak.

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sinar-X menunjukkan benda asing yang menunjukkan lingkaran manik-manik buram bersarang di dalam rongga perut anak. Orang tua pun sama tercengangnya bersama para dokter karena mereka tidak melihat putra mereka menelan sesuatu yang tidak biasa.

Berita Lainnya:
Pergi Mudik, Ibu Hamil Perlu Ganti Posisi Duduk Dua Jam Sekali

Yang lebih buruk lagi, gelang yang menyusup ke dalam tubuh sang anak telah menghalangi ususnya, bahkan membuat lubang di perutnya. Untuk mencegah lebih banyak kerusakan, dokter melakukan laparotomi darurat, operasi di mana ahli bedah membuat sayatan di rongga perut.

Setelah itu, dokter mengambil gelang yang terdiri dari 18 manik-manik magnet berbentuk heksagonal itu. Mereka juga memperbaiki lubang di dinding usus bocah itu. Anak tersebut pulih dengan cepat dan bisa pulang ke rumah, sementara kontrol berikutnya memperlihatkan sang anak sudah dalam keadaan sehat. Dalam insiden serupa pada 2020, seorang anak berusia lima tahun di China begitu terpikat dengan magnet sehingga dia menelan 123 manik-manik magnet, yang harus dikeluarkan dari perutnya selama operasi empat jam.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi