IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Kelompok Bersenjata Culik 50 Wanita Di Burkina Faso

Kelompok Bersenjata Culik 50 Wanita Di Burkina Faso

Pencarian lewat udara maupun darat dilakukan untuk menemukan para wanita yang diculik

 OUAGADOUGOU — Kelompok bersenjata menculik sekitar 50 wanita di Provinsi Soum di Burkina Faso utara pada 12 dan 13 Januari 2023. Kelompok bersenjata itu menangkap para wanita saat mereka memetik buah liar di luar Desa Liki, sekitar 15 kilometer dari Kota Aribinda, dan di distrik lain di sebelah barat kota.

“Segera setelah hilangnya mereka diumumkan, upaya diluncurkan untuk menemukan semua korban ini dengan aman dan sehat,” kata Gubernur daerah Sahel, Letnan Kolonel Rodolphe Sorgho, dilaporkan Aljazirah, Senin (16/1/2023).

Menurut pejabat setempat, tentara dan pendukung sipil telah melakukan penyisiran di lokasi penculikan namun belum berhasil. Seorang sumber keamanan mengatakan, semua cara ditempuh untuk menemukan para wanita ini. Mulai dari pencarian lewat udara maupun darat.

“Pesawat terbang di atas area tersebut untuk mendeteksi gerakan yang mencurigakan,” ujar sumber keamanan itu.

BACAAN LAIN:
Tak Ada Terobosan Baru Dalam Kunjungan Menlu AS ke Israel dan Palestina

 

Kepala Hak Asasi Manusia PBB, Volker Turk menyerukan pembebasan perempuan tersebut. Turk juga menyerukan agar otoritas nasional segera melakukan penyelidikan yang efektif dan independen. 

“Saya menyerukan pembebasan segera dan tanpa syarat dari semua wanita yang diculik dan otoritas nasional segera melakukan penyelidikan yang efektif, tidak memihak dan independen untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab dan meminta pertanggungjawaban mereka,” kata Turk.

BACAAN LAIN:
Menlu AS: Krisis Semakin Parah di Myanmar

Amerika Serikat (AS) mengatakan sangat prihatin dengan penculikan itu. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price menJaramaya  semua pihak yang terlibat dalam penculikan itu harus bertanggung jawab.

“Mereka yang diculik harus segera dikembalikan dengan selamat kepada orang yang mereka cintai dan tanpa syarat, dan mereka yang terlibas  harus dimintai pertanggungjawaban sepenuhnya sesuai hukum,” kata Price dalam sebuah pernyataan.

Burkina Faso adalah salah satu negara termiskin di dunia. Burkina Faso telah berjuang untuk membendung aktivitas kekerasan oleh kelompok bersenjata yang terkait dengan Alqaeda dan dan ISIS yang menyebar dari negara tetangga Mali pada 2015.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Kelompok Bersenjata Culik 50 Wanita Di Burkina Faso
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!