IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Keluarga Perokok Jadi Faktor Penyebab Anak Merokok

Keluarga Perokok Jadi Faktor Penyebab Anak Merokok

Keluarga perokok membuat anak menilai merokok merupakan hal yang wajar.

 JAKARTA — Pelaksana tugas Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Kesehatan dan Pendidikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Anggin Nuzula Rahma mengatakan, keluarga perokok merupakan salah satu faktor pendorong anak menjadi perokok.

“Yang pertama ini (melihat) dari orang tua. Anak kecil yang dalam tumbuh kembangnya melihat ayahnya merokok, kakeknya, tetangganya merokok, tentu secara tidak langsung melihat merokok ini hal yang biasa,” kata Anggin Nuzula Rahma dalam acara “Diseminasi Hasil Pemantauan IPS Rokok Forum Anak di 9 Kabupaten/Kota”, yang diikuti di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Anggin Nuzula Rahma mengatakan, untuk itu, kesadaran keluarga harus dibangun untuk menciptakan lingkungan keluarga yang bebas dari rokok. Selain orang tua, lingkungan pergaulan anak juga memiliki andil membuat anak menjadi perokok.

“Teman-teman bermain-nya ini juga mengajari anak-anak untuk merokok. Kan anggapannya kalau merokok itu macho, imagenya ganteng,” katanya.

BACAAN LAIN:
Dakwaan Jaksa Merekonstruksi Instruksi Barang Bukti Sabu Diganti Tawas

Tak hanya itu, iklan dan promosi rokok yang gencar, menurut Anggin, juga mendorong bertambahnya perokok anak. “Iklan rokok juga banyak, iklannya kreatif banget, bagus-bagus, menonjolkan alam, kemauan laki-laki,” katanya.

Padahal anak-anak yang melihat tayangan iklan tersebut masih belum bisa membedakan hal yang baik maupun hal yang buruk sehingga akhirnya termakan iklan produk rokok. KemenPPPA juga menyayangkan banyaknya iklan rokok yang mudah diakses oleh anak. Selain itu, pihaknya juga menyoroti tentang murahnya harga rokok sehingga terjangkau oleh anak.

BACAAN LAIN:
Ganti Ketua DPD Jatim, Langkah PDIP Dinilai Tepat

“Akses terhadap pembelian rokok mudah dan dapat dibeli satuan,” kata Anggin Nuzula Rahma.

Anggin juga menyoroti munculnya produk olahan tembakau lainnya, seperti vape yang juga berbahaya bagi kesehatan.

“Munculnya produk olahan tembakau lainnya yang sekarang banyak sekali ya, dengan berbagai rasa, berbagai bentuk, berbagai kemudahan juga untuk membelinya. Nah ini menjadi PR tambahan untuk kami di pemerintah,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Keluarga Perokok Jadi Faktor Penyebab Anak Merokok
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!