IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Perubahan Iklim Dorong Angka Infeksi Malaria

Perubahan Iklim Dorong Angka Infeksi Malaria

Masyarakat tidak mampu menjadi rentan terkena penyakit.

 DAVOS — Direktur eksekutif lembaga amal kesehatan terbesar di dunia, The Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria,  Peter Sands mengatakan perubahan iklim meningkatkan malaria. Ia menjelaskan infeksi malaria melonjak usai banjir Pakistan dan badai silikon di Mozambik tahun 2021.

“Di mana pun terjadi peristiwa cuaca ekstrem cukup umum terjadinya lonjakan malaria,” kata Sands dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, Senin (16/1/2023).

Semakin banyak peristiwa cuaca ekstrem bertambah pula genangan air yang menarik nyamuk. Masyarakat tidak mampu menjadi rentan terkena penyakit.

Ia mengatakan perubahan iklim juga mengubah geografi nyamuk. Sands mengatakan dataran tinggi Afrika di Kenya dan Ethiopia kini dilanda malaria karena perubahan suhu dari dingin ke hangat.

BACAAN LAIN:
Korut: Latihan Militer AS dan Korsel Ancam Stabilitas Semenanjung Korea

 

Sands mengelola lembaga amal kesehatan terbesar di dunia yang berinvestasi dalam memerangi tuberkulosis, malaria, dan HIV/AIDS di negara-negara termiskin di dunia.

Lembaga itu menetapkan target untuk dapat mengumpulkan 18 miliar dolar. Sejauh ini baru berhasil menggalang 15,7 miliar dolar AS, uang terbanyak yang pernah digalang lembaga kesehatan.

BACAAN LAIN:
Israel Segel Rumah Pelaku Penembakan Sinagoge di Yerusalem

Ia mengatakan kekurangannya, satu miliar dolar terpukul fluktuasi mata uang yang berdampak pada donasi. Sands mengatakan ke depannya, perubahan iklim hanya salah satu faktor yang menghalangi upaya menghilangkan penykit.

Perang di Ukraina memburuk wabah AIDS dan tuberkulosis. Angka tuberkulosis di masyarakat paling miskin di negara pendapatan menengah seperti India, Pakistan dan Indonesia juga naik.

Sands mengatakan di tengah ketakutan resesi global, tekanan pada negara-negara itu akan meningkat. “Saya pikir kekhawatiran terbesar dari perspektif kami adalah apa yang terjadi pada anggaran kesehatan di 120 atau lebih negara yang kami investasikan,” katanya.

“Dan bahkan dengan anggaran kesehatan itu, berapa yang diambil oleh Covid?”

sumber : Reuters

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Perubahan Iklim Dorong Angka Infeksi Malaria
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!