Selasa, 16/04/2024 - 13:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

PT GNI Investigasi Insiden Pekerja Lokal Versus China di Morowali Utara

ADVERTISEMENTS

Insiden besar diwarnai aksi bakar-bakaran, dan membuat aktivitas perusahaan berhenti.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) akan melakukan investigasi secara menyeluruh terkait dengan insiden unjuk rasa berujung kerusuhan yang terjadi di kawasan industri GNI di Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah pada Sabtu (14/1/2023) malam WITA.

ADVERTISEMENTS

Kerusuhan tersebut mengakibatkan dua korban jiwa, terdiri satu pekerja lokal dan satu pekerja China. Insiden besar itu diwarnai aksi bakar-bakaran, dan membuat aktivitas perusahaan berhenti total.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

“Kami sangat menyayangkan insiden tersebut. Pihak perusahaan akan berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk melakukan investigasi atas terjadinya peristiwa tersebut. Hal ini bukan saja merugikan perusahaan dan karyawan karena operasional pabrik harus terhenti, tapi juga merugikan masyarakat sekitar kawasan Industri,” ujar Head of Human Resources and General Affairs PT GNI, Muknis Basri Assegaf di Jakarta, Senin (16/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

Muknis mengungkapkan, pada Ahad (15/1/2023), telah diadakan pertemuan yang dihadiri Direktur Intelkam Polda Sulteng Kombes Anggara Nasution dan Sekda Morut Musda Guntur yang didampingi Kapolres Morut dan Dandim Morowali dan Morowali Utara. Dalam pertemuan tersebut, semua pihak menyayangkan kejadian yang menimbulkan kerusakan dan merugikan banyak pihak.

Berita Lainnya:
Berebut Kasus LPEI: Kejagung Tangani Kasus Sejak 2021, KPK Baru 2023

Adapun kerugian dirasakan perusahaan, karyawan, hingga warga sekitar pabrik yang terdampak aktivitas hariannya. Terkait isu yang beredar terjadi penganiayaan oleh oknum tenaga kerja asing (TKA) terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) dan kekerasan terhadap pekerja perempuan, Muknis menekankan, isu tersebut tidak benar.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

Penyerangan terhadap karyawan terjadi saat jam operasional pabrik berlangsung sehingga aktivitas terhenti dan menimbulkan kerusakan parah dan penjarahan di 100 mess karyawan tenaga kerja lokal, perempuan dan tenaga kerja asing. Selain itu, sekitar enam alat berat dan kendaraan operasional milik perusahaan terbakar.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal

“Mereka juga menyerang TKA agar berhenti bekerja. Dan setelah muncul kericuhan, mereka kemudian membakar dan menjarah mess perempuan tenaga kerja lokal, hingga menjarah mess TNI kemudian membakarnya,” ucap Muknis.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%
Berita Lainnya:
Sebut Anies Lebih Masuk Akal Jadi Cagub Sumbar, Hasan Nasbi: Gak Akan Ada Saingan

Menurut Muknis, dalam rangkaian aksi tersebut Polres Morowali Utara berhasil mengamankan 70 orang terduga pelaku. Atas kejadian tersebut, terdapat sekitar sembilan orang luka-luka serta dua orang tewas.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Selain itu, beberapa pihak lain seperti Bupati Morut Delis Julkasson Hehi dan Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi, kata Muknis, semua sepakat menyayangkan kerusuhan tersebut. Pihaknya pun meminta aparat berwajib untuk mengusut tuntas semua pelaku yang terlibat.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Seluruh pihak juga sepakat agar ke depan hal seperti ini tidak boleh sampai terjadi lagi. “Perusahaan juga mengalami kerugian materiel yang cukup banyak, terutama sejumlah alat berat kami serta mess tenaga kerja yang dibakar massa. Kami akan berkomitmen untuk mengusut tuntas serta melakukan investigasi untuk menemukan titik terang atas kasus ini,” kata Muknis.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi