Rabu, 24/04/2024 - 09:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Gerai Goes Hadirkan Es Goyang Tradisional dengan Sentuhan Kekinian

ADVERTISEMENTS

Es goyang Kenangan hadir di Old Shanghai Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Timur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Jajanan tradisional yang sudah terkenal sejak zaman silam, es goyang, dihadirkan dengan sentuhan kekinian. Salah satu street food yang populer pada zamannya itu kini dimodifikasi oleh gerai Goes Es Goyang Kenangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Goes Es Goyang Kenangan hadir di sejumlah tempat. Salah satunya di Old Shanghai Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Timur. Salah satu pegawai Goes, Dian, menjelaskan lebih lanjut tentang kudapan dingin itu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kenapa namanya es goyang? Karena cara bikinnya digoyang. Ini jajanan jadul, makanya disebut menghadirkan rasa kenangan,” kata Dian kepada Republika.co.id, Selasa (17/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pentingnya Mencegah Lonjakan Kolesterol Saat Hari Raya, Begini Saran Dokter

Dian juga menunjukkan alat cetakan es goyang yang ada di samping gerai. Lazimnya, es goyang dijual oleh pedagang kaki lima. Es goyang biasanya dibuat di tempat, dicelupkan ke dalam cokelat leleh, kemudian diberi taburan alias topping saat cokelat leleh masih cair sehingga mudah menempel.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Es goyang tidak dibuat dengan krim atau susu, inilah yang membuat berbeda dari variasi es krim lainnya. Bahan dasarnya memakai tepung kacang hijau dan tepung jagung, lalu ditambahkan gula untuk pemanis, lantas aneka rasa masuk ke dalam adonan.

Adonan direbus dengan api kecil sambil terus diaduk. Jika sudah mendidih, dimasukkan ke dalam cetakan.

Setelah campuran dimasukkan ke dalam cetakan, dimasukkan tusuk es dan es goyang dibiarkan membeku sampai padat. Ada semacam “peti” tradisional tempat es digoyang untuk mempercepat proses pembekuan sehingga bisa beku secara merata.

Berita Lainnya:
'Tumor Gelembung' Juga Bisa Diwariskan, Seberapa Besar Peluang Orang Menderitanya?

Setelah campuran padat, barulah disimpan ke freezer. Ketika ada pelanggan, Dian langsung saja mengambil es goyang aneka rasa yang sudah siap, untuk dicelupkan ke dalam cokelat leleh. Jika sudah berlapis cokelat, bisa pula ditambahkan berbagai taburan.

Di gerai Goes, ada dua tipe rasa es. Pertama, rasa masa kenangan, yakni ketan hitam, kacang hijau, kacang merah, nangka, stroberi, alpukat, durian, mangga, dan kelapa. Ada juga rasa masa kini, yakni matcha, vanila, cokelat, tiramisu, permen kapas (cotton candy), serta permen karet.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi