IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

4 Makanan yang Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

4 Makanan yang Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Ada empat makanan penghilang kolesterol yang bisa dimasukkan ke dalam diet Anda.

JAKARTA — Makanan tinggi lemak jenuh seperti kue, biskuit, dan pai daging; dinilai tidak baik untuk kadar kolesterol dalam tubuh. Bukti kuat menunjukkan bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko di antaranya penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung, dan strok.

Makanan tinggi lemak jenuh tidak boleh dimakan secara teratur. Pertanyaannya, adakah makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi?

Menurut badan amal kolesterol, Heart UK, ada empat makanan penghilang kolesterol yang bisa dimasukkan ke dalam diet Anda. Berikut penjelasannya dilansir laman Express, Kamis (19/1/2023):

1. Makanan dengan tambahan sterol dan stanol

BACAAN LAIN:
Berhenti Minum Kopi 1 Bulan, Ini Perubahan yang Terjadi pada Tubuh, tak Semuanya Positif

Steril dan stanol merupakan bahan kimia tanaman yang ukuran dan bentuknya mirip dengan kolesterol. Keduanya diserap dari usus ke dalam aliran darah.

“Kedua zat ini memblokir beberapa kolesterol agar tidak diserap, menurunkan kolesterol dalam darah Anda,” jelas Heart UK.

Anda dapat menemukan minuman yoghurt, olesan lemak, susu, dan yoghurt yang mengandung sterol atau stanol. “Makanan yang diperkaya ini menurunkan kolesterol Anda secara bertahap, selama beberapa pekan,” ujar Heart UK. Namun, jumlah sterol dan stanol yang membantu menurunkan kolesterol Anda bergantung pada jumlah yang Anda makan.

2. Oat dan barli (serealia)

Kombinasi penghilang kolesterol lainnya untuk ditambahkan ke dalam diet adalah oat dan barli, yang kaya akan serat beta glukan. Saat dimakan, beta gluten membentuk gel yang mengikat asam empedu yang kaya kolesterol di usus.

“Ini membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari usus ke dalam darah,” kata badan amal tersebut.

Hati Anda kemudian harus mengeluarkan lebih banyak kolesterol dari darah untuk membuat lebih banyak empedu, yang menurunkan kolesterol darah. Oat dan barli dapat ditemukan di bubur, sereal berbahan dasar gandum, dan kue gandum.

BACAAN LAIN:
Jidat Berkerut Jadi Tanda Penyakit Apa?

3. Kacang

Kacang adalah bahan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kacang mengandung lemak tak jenuh, serat, vitamin E, magnesium, dan potasium.

Ngemil kacang juga bisa mengenyangkan yang berarti Anda cenderung tidak makan biskuit, misalnya yang akan berdampak buruk bagi kadar kolesterol Anda. Kacang untuk dimakan meliputi almond, macadamia, kacang brasil, kacang mete, hazelnut, pistachio, kenari, kacang tanah, dan pecan.

4. Kedelai

Kedelai juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol, contohnya susu kedelai, cincang kedelai, kacang edamame, dan tahu. “Cobalah makan ini setiap hari sebagai bagian dari diet sehat Anda,” saran badan amal itu. Semakin banyak Anda menambahkannya ke dalam apa yang dimakan, semakin mereka dapat membantu menurunkan kolesterol, terutama jika Anda juga mengurangi lemak jenuhnya.

 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
4 Makanan yang Dipercaya Bisa Turunkan Kolesterol Jahat
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!