Sabtu, 20/04/2024 - 09:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Gandeng Jepang, Kemenko Perekonomian Sebut Ada 52 Proyek JCM di Indonesia

ADVERTISEMENTS

Kebanyakan proyek JCM kini masih berada di Pulau Jawa dan Sumatera.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan, saat ini terdapat 52 proyek Joint Crediting Mechanism (JCM) di Indonesia yang sedang berjalan. Sebanyak 12 di antaranya telah menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 56.254 ton karbon dioksida ekuivalen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Asisten Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Multilateral Kemenko Perekonomian Ferry Ardianto menjelaskan, JCM merupakan inisiatif pembangunan rendah karbon antara Indonesia dan Jepang. “Inti tujuan implementasi JCM adalah memfasilitasi adopsi teknologi, produk, sistem, layanan dan infrastruktur rendah karbon terkini,” ujarnya dalam Media Briefing di Jakarta, Kamis (19/1).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Harga Pangan Dunia Meningkat pada Maret Setelah Tujuh Bulan Turun

Tujuan lainnya, kata dia, yakni implementasi dari aksi mitigasi perubahan iklim. Lalu berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, khususnya di negara berkembang.

Ia menyatakan, kebanyakan proyek JCM kini masih berada di Pulau Jawa dan Sumatera. Misalnya, proyek 10 MW Mini Hydro Power Plant di Sumatera Utara, kemudian CNG-Diesel Hybrid Equipment to Public Bus di Sumater Jawa Tengah, ada pula proyek LED Lighting untuk toko Uniqlo.

“Kita inginnya proyek JCM tersebar luas. Jadi tidak hanya di Jawa dan Sumatera, tapi kami lakukan diseminasi sosialisasi kalau teman-teman Maluku dan Papua ingin tergabung ke proyek JCM, maka dengan senang hati,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jepang Ungkap Detail Biaya untuk Perangi Rendahnya Angka Kelahiran

Dijelaskan, skema JCM dioperasikan secara bersama-sama oleh kedua negara. Mulai dari penyusunan metodologi atau dasar penghitungan penurunan emisi GRK, registrasi proyek, sampai penerbitan kredit karbon.

Dalam implementasinya, JCM melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti tenaga ahli, akademisi, pemerintah daerah maupun masyarakat lokal. Dari implementasi JCM, kata dia, terlihat bagaimana sektor swasta bisa menjalankan perannya dalam pembangunan rendah karbon.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi