Jumat, 19/04/2024 - 09:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLABOLA NASIONAL

Menpora Nyatakan Mantap Calonkan Diri Jadi Waketum PSSI, Berpasangan dengan Erick Thohir?

ADVERTISEMENTS

Menpora yakin berkas yang ia serahkan telang lengkap.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 JAKARTA — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengeklaim berkas bakal calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027 yang diserahkannya ke Komite Pemilihan (KP) PSSI sudah lengkap.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Sudah lengkap, tidak ada yang kurang, kan saya sudah bilang tidak akan berani mencalonkan diri kalau persyaratannya tidak lengkap. Aman itu ,” ujar Menpora di GBK Arena, Jakarta, Kamis (19/1/2023). 

ADVERTISEMENTS

KP PSSI mengumumkan kelengkapan berkas para daftar calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2023-2027, termasuk ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco, pada Kamis.

Ketua KP Amir Burhannudin menyatakan, berkas 61 bakal calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI, dengan rincian lima (semua) bakal ketua umum, 15 wakil ketua umum dan 41 anggota Exco dinyatakan lengkap. Namun, Amir tidak memberitahukan secara rinci siapa saja sosok-sosok tersebut.

Menpora Zainudin Amali sendiri cukup optimistis dirinya bisa melalui semua tahapan sampai masuk ke daftar calon tetap yang akan bersaing di Kongres Luar Biasa PSSI pada 16 Februari 2023.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Juventus Berpotensi Lepas Chiesa ke Newcastle United

Namun, Menpora enggan menanggapi isu yang menyebut bahwa dia sudah “dipaketkan” menjadi wakil ketua umum PSSI untuk mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir yang diyakini akan terpilih menjadi Ketua Umum PSSI 2023-2027.

“Kan, belum tau siapa yang terpilih. Silakan saja siapa (ketua umum PSSI-nya-red). Kalau paket itu yang bikin media,” kata Zainudin Amali.

Sementara, terkait status kelengkapan dokumen, KP PSSI menyebut ada dua kategori di luar status lengkap yakni pertama, perlu dikonfirmasi untuk melengkapi karena dokumennya kurang dan, kedua, tidak perlu dikonfirmasi karena beberapa hal seperti sudah menyatakan tidak akan maju serta tidak memberikan lembar kesediaan untuk dicalonkan.

Untuk kategori pertama, ada satu orang di bakal calon wakil ketua umum PSSI dan 13 untuk bakal calon anggota Exco.

Sebagian besar kekurangan dokumen yang belum disampaikan seperti kartu identitas diri, SKCK, surat keterangan tidak pernah di pidana dari pengadilan.

Berita Lainnya:
Belajar dari Hasil Transfer Sandro Tonali, Milan Berencana Jual Kiper Mike Maignan

Di kategori kedua, ada empat orang di bursa wakil ketua umum dan 29 orang di persaingan untuk Exco.

Para bakal calon yang dokumennya masih kurang, KP menunggu mereka melengkapi semuanya sampai 21 Januari 2023.

Kemudian, pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI.

Selanjutnya, pada 1-3 Februari 2023, para bakal calon dan anggota PSSI pengusung yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon sementara dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI.

Ketika proses tersebut tuntas, maka KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Para calon tetap inilah yang akan mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 16 Februari 2023.

Saat ini, nama Erick Thohir terus digadang-gadang maju sebagai Ketum PSSI. Sejumlah nama pun dirasa cocok untuk mendampinginya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi