Rabu, 24/04/2024 - 05:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIGLOBAL

Microsoft Pecat 10.000 Karyawan

ADVERTISEMENTS

Microsoft memangkas 10.000 karyawan, atau hampir 5 persen dari total tenaga kerjanya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

WASHINGTON — Microsoft memangkas 10.000 karyawan, atau hampir 5 persen dari total tenaga kerjanya. Microsoft pada Rabu (18/1/2023) mengatakan, pemutusan hubungan kerja (PHK) ini diambil karena kondisi ekonomi makro dan perubahan prioritas pelanggan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Perusahaan mengatakan, mereka akan membuat perubahan pada portofolio perangkat kerasnya dan mengkonsolidasikan lokasi kantor sewaannya. Tenaga kerja Microsoft bertambah sekitar 36 persen dalam dua tahun fiskal setelah munculnya pandemi Covid-19, atau tumbuh dari 163.000 pekerja pada akhir Juni 2020, menjadi 221.000 pada Juni 2022.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“PHK mewakili kurang dari 5 persen dari total basis karyawan kami. Sementara kami menghilangkan peran di beberapa area, dan kami akan terus merekrut di area strategis utama,” kata CEO Microsoft  Satya Nadella dalam email kepada karyawan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
KAI Gelar Promo Bursa Pariwisata, Ini Daftar Tiket Yang Didiskon 20 Persen

Nadella menekankan pentingnya membangun “platform komputer baru” menggunakan kemajuan kecerdasan buatan. “Kami juga melihat organisasi di setiap industri dan geografi berhati-hati karena beberapa bagian dunia berada dalam resesi dan bagian lain sedang mengantisipasinya,” ujar Nadella.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Nadella tidak menyebutkan secara langsung tentang PHK ketika dia tampil di pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss. Ketika ditanya oleh pendiri forum Klaus Schwab tentang apa arti PHK untuk model bisnis industri teknologi, Nadella mengatakan perusahaan yang berkembang pesat selama pandemi Covid-19 sekarang melihat ada kebutuhan untuk PHK.

“Terus terang, kita di industri teknologi juga harus menjadi efisien, bukan? Ini bukan tentang orang lain melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit.  Kita harus melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit. Jadi kami harus menunjukkan peningkatan produktivitas kami sendiri dengan jenis teknologi kami sendiri,” ujar Nadella.

Berita Lainnya:
Penjelasan Hasto soal Calon KSAU Tonny Harjono Disebut Bagian Keluarga Istri Jokowi

Microsoft tidak segera menjawab pertanyaan tentang di mana PHK dan penutupan kantor akan terkonsentrasi.  Pada Juni, perusahaan memiliki 122.000 pekerja di AS dan 99.000 pekerja di negara lainnya.

Perusahaan teknologi lain juga telah memangkas pekerjaan di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi. Awal bulan ini, Amazon dan pembuat perangkat lunak Salesforce mengumumkan PHK besar-besaran.

Amazon akan memangkas sekitar 18.000 posisi pekerjaan.  Ini adalah rangkaian PHK terbesar dalam sejarah perusahaan. Sementara induk perusahaan Facebook, Meta memberhentikan 11.000 orang, atau sekitar 13 persen dari total tenaga kerjanya.

 

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi