Selasa, 23/04/2024 - 21:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

20 Persen Anak Muda Cari Rumah yang Harganya Rp 1-2 Miliar

ADVERTISEMENTS

23,1 persen cari properti dengan harga kurang dari Rp 400 juta

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Platform properti 99 Group menyatakan minat generasi muda untuk mencari rumah tinggal sangat tinggi seiring dengan perubahan pasar properti ke arah yang lebih positif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

CEO 99 Group Indonesia Wasudewan mengatakan para pencari properti berumur 18-24 tahun dan 25-34 tahun telah berkontribusi sebesar masing-masing 22 persen dan 26,4 persen dalam platform 99 Group seperti Rumah 123.com dan 99.co.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Fakta menarik ini menandai peningkatan kesadaran akan pentingnya kepemilikan properti oleh generasi muda yang terus bertumbuh,” katanya dalam pernyataan di Jakarta, Jumat (20/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Data internal 99 Group mencatat pencarian properti di portal Rumah123.com dan 99.co rata-rata per bulan mencapai 34 juta, serta waktu rata-rata yang dihabiskan per kunjungan adalah 5 menit 50 detik, tumbuh dibandingkan dengan tahun 2021 selama 4 menit 23 detik.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Beda Generasi X, Milenial, dan Gen Z Ketika Pilih Hotel untuk Menginap

Mayoritas pencari properti di platform 99 Groupjuga melihat fitur simulasi cicilan KPR untuk mengukur kemampuan keuangan dalam pembiayaan rumah, yang juga memunculkan sinyal positif peningkatan permintaan konsumen.

Sementara itu, lanjut Wasudewan, rumah tapak masih menjadi tipe properti yang paling diincar oleh para pencari properti, dengan persentase sebesar 80 persen.

Berdasarkan preferensi harga yang dicari di laman 99.co dan Rumah123.com, properti dengan harga kurang dari Rp 400 juta mendominasi sebesar 23,1 persen, diikuti oleh rumah dengan harga Rp 1 miliar – Rp2 miliar sebesar 20 persen.

Berita Lainnya:
KemenESDM Nilai Pemanfaatan PLTS oleh Adaro Bisa Ditiru Industri

Namun jika dilihat berdasarkan perubahan proporsi sejak tahun 2021, terdapat peningkatan proporsi pada properti dengan harga yang lebih tinggi (>Rp 1 miliar).

Direktur Rumah Umum dan Komersial Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Fitrah Nur menjelaskan arah kebijakan pembangunan perumahan dan pemukiman hingga 2024 akan mencakup pemantapan sistem pembiayaan primer dan sekunder, termasuk optimalisasi pemanfaatan sumber pembiayaan jangka panjang seperti TASPEN dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Terdapat beberapa program prioritas seperti pembangunan rumah susun sewa untuk masyarakat, pembangunan rumah tapak di daerah terdampak bencana, peningkatan rumah masyarakat dengan subsidi sebesar Rp 20 juta untuk setiap KK, insentif infrastruktur bagi pengembang rumah subsidi dan pembangunan rusun pekerja di IKN,” kata Fitrah.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi