IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Biden Kesal Ditanya Tentang Penemuan Dokumen Rahasia

Biden Kesal Ditanya Tentang Penemuan Dokumen Rahasia

Pertanyaan tentang penemuan dokumen itu sangat mengganggu Joe Biden

APTOS — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden merasa kesal karena wartawan terus menerus menanyakan tentang penemuan dokumen rahasia di kediaman pribadi dan lembaga think tank miliknya. Bahkan pertanyaan itu masih terlontar ketika Biden meninjau kerusakan akibat badai di Kalifornia.

Biden mengatakan kepada wartawan bahwa pertanyaan tentang penemuan dokumen itu sangat mengganggunya. “Kami memiliki masalah serius di sini di Kalifornia. Kenapa tidak bertanya tentang itu?” ujar Biden.

“Kami menemukan beberapa dokumen di tempat yang salah. Kami segera menyerahkannya ke Arsip dan Departemen Kehakiman,” kata Biden kepada wartawan yang bertanya soal penemuan dokumen, selama kunjungan ke Kalifornia.

Biden mengatakan, dia sepenuhnya bekerja sama dan berharap dapat menyelesaikan ini dengan cepat. Sebelumnya Gedung Putih telah mengungkapkan bahwa pengacara Biden menemukan dokumen rahasia dan catatan resmi dalam beberapa bulan terakhir. Pengacara Biden menemukan dokumen pada 2 November di kantor Penn Biden Center di Washington. Kemudian dalam pencarian lanjutan pada 20 Desember, ditemukan dokumen lainnya di garasi rumah presiden di Wilmington, Delaware. Sementara pada 11 dan 12 Januari ditemukan dokumen lagi di perpustakaan rumah presiden.

BACAAN LAIN:
AS: Kami tak Terlibat dalam Serangan Drone di Pangkalan Militer Iran

Penemuan itu memperumit penyelidikan federal terhadap penemuan dokumen rahasia di kediaman mantan presiden Donald Trump. Departemen Kehakiman mengambil ratusan catatan yang ditandai sebagai dokumen rahasia, setelah Trump meninggalkan Gedung Putih pada awal 2021. Trump menolak  untuk mengembalikan dokumen itu ke pemerintah.

Sementara Biden rela menyerahkan dokumen itu ketika ditemukan.  Tetapi masalah ini membebani presiden dan para pembantunya, yang telah berulang kali mengatakan bahwa mereka bertindak cepat dan tepat ketika dokumen itu ditemukan.

BACAAN LAIN:
Hadir Perdana di ACC Meeting, Menlu Timor Leste: Ini Adalah Kehormatan

Pekan lalu, Jaksa Agung Merrick Garland menunjuk mantan pengacara Maryland, Robert Hur, sebagai penasihat khusus untuk mengawasi penyelidikan Departemen Kehakiman atas dokumen tersebut.  Garland mengatakan keadaan luar biasa memerlukan penasihat khusus, dan dia juga membuat keputusan untuk menunjukkan komitmen Departemen Kehakiman terhadap independensi dan akuntabilitas dalam masalah-masalah yang sangat sensitif.

Tim pengacara Biden telah menghadapi kritik atas pengungkapannya yang terfragmentasi. Penemuan itu baru diungkapkan ke publik pada awal Januari. Padahal tim pengacara Biden telah menemukan dokumen tersebut pada November dan Desember tahun lalu. Biden mengatakan, dia “tidak menyesal” atas bagaimana dan kapan publik mengetahui tentang dokumen tersebut.

“Saya mengikuti apa yang dikatakan pengacara kepada saya bahwa mereka ingin saya melakukannya,” kata Biden.

sumber : AP

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Biden Kesal Ditanya Tentang Penemuan Dokumen Rahasia
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!