Jumat, 19/04/2024 - 22:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ciri-Ciri Kadar Testosteron Wanita Terlalu Tinggi

ADVERTISEMENTS

Testosteron merupakan hormon pada pria yang juga terdapat pada wanita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Testosteron adalah hormon seks yang dikaitkan dengan pria, tetapi juga ditemukan pada wanita. Indung telur wanita dan kelenjar adrenal bertanggung jawab untuk memproduksi sejumlah kecil hormon pria ini yang dikenal sebagai androgen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Jadi, sangat normal dan juga diharapkan wanita mempunyai testosteron dalam darahnya. Namun, seorang wanita dapat saja memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari biasanya.

ADVERTISEMENTS

Itu biasanya terjadi karena ada kondisi tertentu yang memicunya. Ketika kadar testosteronnya terlalu tinggi, berbagai gejala yang memengaruhi penampilan dan fisik wanita dapat terlihat.

Gejala testosteron tinggi pada wanita

Dua dari gejala testosteron tinggi yang paling umum dan jelas pada wanita adalah jerawat dan peningkatan pertumbuhan rambut, menurut ahli endokrinologi reproduksi dan ahli infertilitas di Yale Medicine, dr Pinar Kodaman. Jerawat disebabkan oleh peningkatan produksi sebum (minyak), yang dirangsang oleh peningkatan kadar testosteron.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Adapun peningkatan pertumbuhan rambut, biasanya ini terjadi dalam “pola laki-laki”. Artinya, rambut dapat tumbuh di garis rahang, dada, punggung, dan perut bagian bawah.

“Namun, testosteron tinggi mungkin menghasilkan lebih banyak perubahan pada penampilan dan perasaan wanita, tergantung pada seberapa banyak hormon ekstra yang muncul,” kata ahli endokrinologi reproduksi dan ahli infertilitas di HRC Fertility afiliasi dari Keck Medicine of USC, dr Jane L Frederick.

Berita Lainnya:
Buka Puasa dengan Merokok, Seburuk Ini Dampaknya Bagi Tubuh

Dokter Frederick juga mengatakan wanita dengan testosteron tinggi mungkin juga memiliki gejala seperti kebotakan atau penipisan rambut, klitoris membesar, dan ukuran payudara berkurang. Mereka juga berisiko mengalami peningkatan massa otot, suara yang lebih dalam, dan mestruasi yang tidak teratur.

Penyebab testosteron tinggi pada wanita

Berbagai kondisi terkait dengan testosteron tinggi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Menurut Kodaman, PCOS sejauh ini merupakan penyebab paling umum dari peningkatan kadar testosteron di kalangan wanita usia reproduksi. Untuk menegakkan diagnosis PCOS, dokter harus mendapati pasiennya memenuhi setidaknya dua dari tiga kriteria.

Ketiga kriteria yang dimaksud ialah peningkatan kadar hormon pria termasuk testosteron, menstruasi tidak teratur, dan ovarium polikistik yang berarti wanita memiliki banyak folikel kecil yang mengandung telur di sekitar ovarium karena kurangnya ovulasi teratur.

Gejala PCOS lainnya adalah jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan di wajah, rahang, dan dagu, penipisan rambut di kulit kepala, kulit gelap di selangkangan, di bawah payudara, dan lipatan leher. Gejala lainnya ialah berat badan naik dan kesulitan menurunkan berat badan.

Berita Lainnya:
Dokter Ungkap Alasan Osteoporosis Sering Disebut Silent Killer

Salah satu pengobatan yang paling umum untuk wanita penderita PCOS yang tidak berusaha untuk hamil adalah pil KB. Ini membantu mengatur siklus menstruasi dan menurunkan kadar testosteron. Bergantung pada situasinya, dokter mungkin meresepkan obat lain seperti spironolactone atau metformin.

2. Hirsutisme

Hirsutisme secara langsung terkait dengan kadar testosteron yang tinggi. Ini adalah kondisi hormonal pada wanita yang menyebabkan tumbuhnya rambut yang tidak diinginkan, terutama di punggung, wajah, dan dada, menurut Frederick.

Rambut penderita hirsutisme biasanya gelap dan kasar. Seiring waktu, kadar androgen tinggi yang terkait dengan hirsutisme dapat menyebabkan gejala testosteron tinggi lainnya yang tercantum di atas. Untuk mengurangi kadar androgen, sama seperti pengobatan PCOS, pilihannya meliputi pil KB atau obat anti-androgen.

Untuk rambut berlebih di wajah, resep topikal dapat membantu memperlambat pertumbuhan rambut. Selain itu, penghilangan bulu dengan laser atau elektrolisis dapat membantu menghilangkan bulu dalam jangka panjang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi