IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Ini Daftar Tren Program Olahraga Kebugaran 2023, Nomor 6 Paling Seru

Ini Daftar Tren Program Olahraga Kebugaran 2023, Nomor 6 Paling Seru

Cukup berolahraga teratur setiap hari akan memberi manfaat kesehatan.

JAKARTA—Menjaga pola makan yang sehat serta rutinitas kebugaran merupakan salah satu resolusi paling populer yang dibuat orang setiap tahun baru, dan resolusi ini berdasarkan tujuan yang baik. 

Penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa memprioritaskan kesehatan dan kebugaran secara positif akan menyatu dengan setiap aspek kehidupan termasuk peningkatan konsentrasi, memori, dan lainnya. Menjaga area yang saling berhubungan tersebut sangat penting untuk mendapatkan kesehatan yang holistik.

Vice President of Worldwide Sports Performance and Fitness at Herbalife Nutrition, Samantha Clayton mengatakan bahwa tujuan kebugaran tidak perlu berupa sebuah prestasi atletis yang luar biasa, seperti memenangkan triatlon atau memecahkan rekor dunia.

“Cukup dengan melakukan sedikit perubahan dalam cara berolahraga setiap hari, akan dapat memberikan manfaat kesehatan dan membuat anda berada di jalur yang benar dalam meraih tujuan kesehatan anda,” kata Clayton dalam keterangannya pada Jumat.

Berikut adalah beberapa pilihan tren kebugaran tahun 2023 dikutip dari siaran pers Herbalife:

1.Basic Fitness

Berjalan dan berlari akan terus menjadi tren di tahun 2023?aktivitas olahraga ini gratis, efektif, dan dapat dilakukan di mana saja. Sederhananya, ini bisa menjadi strategi cepat dan sederhana untuk memulai tren perjalanan kebugaran.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan kaki memainkan peran kunci dalam menjaga mobilitas dan kemandirian fisik, terutama bagi lanjut usia. Sebagai sebuah latihan low impact, berjalan tidak terlalu membebani sendi.

Ketika dilakukan di jalur menanjak, baik berupa berjalan atau berlari di atas treadmill, juga bisa menjadi latihan menahan beban, yang memaksa tulang dan otot untuk bekerja lebih keras melawan gravitasi.

BACAAN LAIN:
Kecanduan Makanan Cepat Saji Bisa Dialami Usia 50-an ke Atas

Hal ini membantu tubuh membangun atau mempertahankan kepadatan tulang, yang sangat penting seiring bertambahnya usia. CDC merekomendasikan 30 menit latihan fisik, seperti jalan cepat, lima hari seminggu.

Sebagai bonus, berlari atau berjalan di luar ruangan menawarkan dosis Vitamin D dari paparan sinar matahari, yang sangat penting untuk penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Lomba lari mulai marak kembali paska pandemi, dan kelas treadmill di rumah maupun online akan tetap populer. Jika Anda dapat berpartisipasi dalam salah satu dari kegiatan tersebut, maka Anda berada di jalur yang benar.

 

2.Senam Aerobik

Banyak tren budaya pop telah kembali selama setahun terakhir, tidak terkecuali tren kebugaran ini. Senam aerobik, yang menggemparkan tahun 1980-an dan 1990-an, baik di studio maupun di rumah, marak kembali bagi pecinta kegiatan kardio diiringi musik.

Di Eropa, mode kebugaran ini sedang tren di gym sehingga olahraga ini dimasukkan dalam pelatihan instruktur fitness dalam konferensi-konferensi kebugaran di Amerika Serikat dan di seluruh dunia pada tahun 2023 ini. Bahkan pada tahun 2022, banyak aplikasi dan platform kebugaran populer mulai memperkenalkan kembali latihan koreografi berbasis beat ini kepada klien.

Senam aerobik terkenal sebagai latihan kardio low impact berintensitas tinggi, dan seiring waktu telah terbukti dapat meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan kelincahan.

Seperti berjalan, olahraga aerobik adalah kegiatan yang fantastis untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Olahraga ini melibatkan gerakan berulang dan berirama serta menggunakan kelompok otot besar tubuh seperti glutes, kaki, bahu, dan lengan Anda.

 

3.Mind-body Fitness

Apabila membahas olahraga dengan memasukkan pelibatan mental, Mind-body Fitness akan tetap menjadi pilihan. Yoga yang melibatkan afirmasi positif, dan rutinitas yang berfokus pada membangun kesadaran diri dan mengurangi stres menjadi semakin populer. Pendekatan holistik untuk kesehatan ini memastikan kita memberikan perhatian yang sama besarnya pada kesehatan mental kita seperti kesehatan fisik.

BACAAN LAIN:
Ini Alasan Perempuan Dianjurkan Jalankan Vaksinasi HPV

Kebugaran pikiran-tubuh merupakan bagian integral untuk mendorong tubuh beradaptasi dan menjadi lebih kuat dan lebih efisien, dan sebagian besar dari ini termasuk pemulihan.

 

 

4.Teknologi kebugaran

Masyarakat mulai kembali pada tren gym garasi, terutama gym rumahan berteknologi tinggi. Industri peralatan kebugaran rumah telah melakukan banyak inovasi dalam beberapa tahun terakhir. Kebugaran VR (virtual reality) akan terus berkembang, terutama di kalangan generasi muda. Penggunaan game dan pengalaman kebugaran VR yang inovatif ini akan membuat lebih banyak orang bergerak di tahun 2023.

 

 

5.Fitness fusion

Di tahun baru, diperkirakan akan lebih banyak latihan intensitas tinggi, berdurasi pendek, digabungkan dengan gerak peregangan yang paling sesuai. Olahraga hybrid dan kelas Fitness fusion ini merupakan latihan yang menggabungkan dua atau lebih jenis olahraga sehingga menghasilkan konsep olahraga yang lebih bertenaga dan menyediakan gerak tubuh yang lebih menyeluruh dalam durasi waktu yang singkat namun menghasilkan hasil yang besar.

Memadukan sejumlah jenis gerak olahraga tidak hanya akan melatih otot dengan cara baru, tetapi juga menawarkan pendekatan olahraga yang lebih segar dalam mendapatkan hasil olahraga yang sempurna tanpa menimbulkan rasa bosan.

 

6.Olahraga bersama 

Tren lain yang tidak akan pernah ketinggalan zaman adalah dukungan sosial alias olahraga bersama teman. Tidak heran mengapa kelas kebugaran tatap muka dengan cepat mendapatkan popularitas lagi. Ada banyak data yang menghubungkan manfaat dukungan sosial dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Dukungan sosial mempengaruhi perilaku aktivitas fisik melalui peningkatan kinerja, efikasi diri, tingkat kesenangan, motivasi dan dengan mengaktifkan aktivitas fisik.

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga bersama teman membuat lebih bertanggung jawab, memancing untuk mempelajari gerakan baru, dan mendorong untuk berolahraga lebih keras.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Ini Daftar Tren Program Olahraga Kebugaran 2023, Nomor 6 Paling Seru
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!