Jumat, 19/04/2024 - 19:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pertemuan ASEAN yang Pertama akan Digelar Februari di Bawah Keketuaan RI

ADVERTISEMENTS

Indonesia telah memulai masa keketuaan ASEAN sejak awal Januari

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA – Indonesia telah memulai masa keketuaan di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sejak awal Januari. Kegiatan pertama pertemuan ASEAN yang diketuai Indonesia akan digelar pada awal Februari mendatang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Pertemuan pertama akan dimulai pada 3 dan 4 Februari, yaitu pertemuan ASEAN Coordinating Council, dan esoknya pertemuan para Menteri Luar Negeri ASEAN,” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto R Suryodipuro dalam pengarahan media, Kamis (19/1/2023).

ADVERTISEMENTS

Ia menjelaskan bahwa, ASEAN Coordinaring Council merupakan pertemuan badan tertinggi di bawah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Pertemuan tersebut, kata dia, berfungsi membuat keputusan yang akan diambil, yang kali ini terkait tentang Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Berita Lainnya:
Luhut Sebut Indonesia Ambil Alih Ruang Udara Natuna dari Singapura

“Selain itu, pada pertemuan itu ada beberapa hal yang akan diputuskan terkait dengan rekomendasi high level task force, yang rekomendasinya disampaikan ke KTT tahun lalu. Sudah diadopsi dan akan dilaksanakan atau dibahas lebih lanjut dalam proses formal Februari mendatang,” kata Sidharto.

“Pertemuan tersebut untuk pertama kalinya menghadirkan Menlu Timor Leste,” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada 4 Februari mendatang, pertemuan akan dilanjutkan dengan ASEAN Retreat atau pertemuan para Menlu ASEAN. Rangkaian pertemuan Februari akan dilakukan di Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Berita Lainnya:
Berniat Ziarah, Truk di Pakistan Terjun ke Jurang

“Ini kegiatan Menlu yang pertama dan akan mengawali tahun keketuaan Indonesia. Di situ juga akan disepakati tentang modalitas partisipasi Timor Leste,” ujarnya.

Sementara itu puncak KTT ASEAN direncanakan pada Mei. Kemudian terdapar rangkaian pertemuan Menlu dengan Menlu ASEAN maupun mitra ASEAN. Rangkaian ini akan dilangsungkan pada Juli 2023.

Direncanakan pula KTT kedua termasuk East Asia Summit yang akan berlangsung di September. Sidartho mengatakan, topiknya akan berkisar pada keketuaan Indonesia, keanggotaan Timor Leste, tindak lanjut KTT sebelumnya, rekomendasi task force hingga isu Myanmar.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi