IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Ponsel Lemot, Jangan Buru-buru Ganti, Coba Cara Ini Dulu

Ponsel Lemot, Jangan Buru-buru Ganti, Coba Cara Ini Dulu

Lakukan langkah-langkah memperbaiki ponsel lemot berdasarkan penyebabnya.

 JAKARTA — Ada berbagai macam perbaikan mudah jika performa ponsel cerdas menjadi lambat alias lemot. Perbaikan yang tepat akan bergantung pada penyebab utama kelambatan ponsel Anda.

Ikuti langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki ponsel yang lambat, berdasarkan penyebabnya, seperti dikutip dari laman RD, Jumat (21/1/2023).

1. Kosongkan ruang penyimpanan

Saat mencoba mencari cara untuk mempercepat performa ponsel cerdas Anda, mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan adalah salah satu cara terbaik untuk memulai. Hapus aplikasi dan file yang membutuhkan penyimpanan untuk mengurangi tekanan pada CPU ponsel dan membebaskan daya pemrosesan untuk aktivitas lainnya. fitur penyimpanan di iPhone dan Android dapat membantu Anda memutuskan apa yang akan dipotong.

 

2. Bersihkan cache ponsel Anda

Cache ponsel cerdas Anda menyimpan sedikit data dari aplikasi dan penjelajahan web, yang dapat bertambah seiring waktu dan menghabiskan ruang penyimpanan. Dengan membersihkan cache, Anda dapat mengosongkan memori di ponsel dan meningkatkan kecepatan pemrosesannya.

 

3. Lakukan soft reset

Seperti membersihkan cache, melakukan soft reset pada ponsel dapat membersihkan RAM dan membuatnya kembali bekerja lebih cepat serta efisien. Anda juga dapat mencoba mengatur ulang iPhone untuk mempercepatnya, tetapi perlu diingat bahwa hal itu akan menghapus semua data di ponsel, termasuk aplikasi dan pengaturan.

 

4. Perbarui ke sistem operasi baru

Baik di iPhone maupun Android, selalu ikuti sistem operasi terbaru agar dapat melindungi ponsel dari virus dan menjaganya tetap berjalan dengan lancar. Terlepas dari hal yang mungkin pernah Anda dengar, iPhone juga bisa terkena virus.

 

5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Pertama, kenali aplikasi yang tidak terpakai yang menghabiskan memori dan menyebabkan ponsel Anda lambat. Hapus secara permanen untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan dan meningkatkan kecepatan pemrosesan ponsel Anda.

 

6. Periksa kesehatan baterai

Kesehatan dan usia baterai ponsel cerdas Anda dapat berdampak serius pada kecepatan pemrosesannya. Untuk memastikan baterai menjadi penyebab ponsel lambat, Anda dapat memeriksa kesehatannya di perangkat.

 

Untuk iPhone

  • Buka Pengaturan > Baterai.
  • Pada opsi ‘Battery Health’ Anda akan melihat kapasitas maksimum baterai. Semakin tua baterai Anda, semakin rendah persentasenya.
  • Ketuk “Peak Performance Capacity” untuk mempelajari lebih lanjut tentang baterai ponsel cerdas Anda, termasuk apakah sudah menurun atau tidak berfungsi dengan baik.

 

Untuk Android

  • Unduh aplikasi AccuBattery dari Google Play Store.
  • Di aplikasi, Anda dapat mempelajari kapasitas baterai ponsel Anda saat ini, serta konsumsi baterai dan perkiraan berapa lama ponsel dapat bertahan di antara pengisian daya.
  • Apakah baterai yang menua memperlambat ponsel Anda? Daripada membeli ponsel baru, Thomas Reed, Direktur Mac dan seluler di Malwarebytes, merekomendasikan untuk mengganti baterainya sendiri. Namun, dia menambahkan, perlu diingat bahwa ponsel lama akan menjadi lebih lambat saat mencoba menjalankan sistem yang lebih baru, jadi pada titik tertentu, jadi tetap harus mengganti ponselnya.
  • Pertimbangkan untuk berinvestasi di salah satu ponsel paling aman untuk melindungi dari malware dan kejahatan dunia maya.

 

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Ponsel Lemot, Jangan Buru-buru Ganti, Coba Cara Ini Dulu
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!