Kamis, 25/04/2024 - 15:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sempat Kontak dengan Pasien Campak? Lakukan Hal Ini

ADVERTISEMENTS

Bila menemui gejala yang dicurigai campak, bawa anak segera ke dokter.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA—Campak merupakan penyakit yang berbahaya bagi anak karena dapat memicu komplikasi berat dan bahkan kematian. Tak hanya itu, campak juga dikenal sebagai penyakit yang sangat menular.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu pasien campak bisa membuat sembilan dari 10 orang di sekitarnya, yang memiliki usia beragam, terinfeksi campak bila mereka tak mendapatkan perlindungan. Oleh karena itu, bila ada satu anak di rumah yang terkena campak, beragam upaya pencegahan perlu dilakukan agar anak-anak lain di rumah tersebut tak ikut tertular.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Campak itu penyakit yang ditularkan melalui droplet, droplet itu percikan air liur atau dahak dari anak yang mengandung virus campak,” jelas dokter spesialis anak subspesialis saraf anak dr Arifianto SpA(K) kepada Republika, beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS

Menurut dokter yang akrab disapa sebagai Dokter Apin ini, ada setidaknya lima hal yang perlu dilakukan bila ada satu anggota keluarga di rumah yang terkena campak. Berikut ini adalah kelima hal tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mengapa Penderita Tuberkulosis Ada yang Alami Penumpukan Cairan di Paru?

Bila ada satu anggota keluarga di rumah yang terkena campak, waspadai pula kemunculan gejala campak pada anggota keluarga lainnya. Beberapa gejala campak adalah demam selama beberapa hari, muncul ruam di kulit, dan disertai dengan batuk-pilek, serta mata merah.

 

Bila menemui gejala yang dicurigai campak pada anak, bawa anak ke dokter untuk mendapatkan diagnosis pasti. Terkadang, orang tua menganggap campak sebagai penyakit yang ringan sehingga merasa tak perlu pergi ke dokter. Padahal, penyakit yang mereka anggap ringan tersebut sebenarnya adalah roseola.

Kedua penyakit ini memiliki gejala yang mirip, yaitu memunculkan demam serta ruam. Akan tetapi, roseola bersifat ringan sedangkan campak bisa memicu terjadinya beragam komplikasi seperti pneumonia, diare dengan dehidrasi, gangguan penglihatan dan pendengaran, bahkan Subacute sclerosing panencephalitis (SSPE) yang mematikan.

 

Agar penderita campak perlu diisolasi agar tak menularkan penyakit kepada orang lain. Dokter Apin menganjurkan anak yang sakit campak untuk diisolasi dan tidak bertemu dengan orang lain setidaknya 14 hari.

Berita Lainnya:
RSCM Pastikan Pendonor Transplantasi Hati Bisa Hidup Normal dan Sehat  

Isolasi bisa dilakukan di rumah bila anak mengalami campak tanpa komplikasi. Bila menjalani isolasi di rumah, orang tua dianjurkan untuk memberikan makanan bergizi, minum yang cukup, serta kondisi yang nyaman untuk anak selama pemulihan.

Campak juga bisa disertai dengan komplikasi. Anak dengan campak yang disertai komplikasi perlu menjalani isolasi atau perawatan di rumah sakit. Di rumah sakit, anak bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut untuk komplikasi yang mereka alami. Sebagai contoh, anak dapat diberikan bantuan oksigen bila sesak napas atau diberikan infus bila mengalami diare dengan dehidrasi.

Dokter Apin mengatakan ada beberapa kelompok anak yang berisiko lebih besar terhadap komplikasi berat akibat campak. Kelompok tersebut adalah usia balita, anak dengan penyakit yang menekan daya tahan tubuh, anak dengan status gizi kurang baik, seperti malnutrisi, gizi kurang, dan gizi buruk, serta anak yang belum diimunisasi campak.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi