IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Jenderal Norwegia: Hampir 180 Ribu Tentara Rusia Tewas atau Terluka

Jenderal Norwegia: Hampir 180 Ribu Tentara Rusia Tewas atau Terluka

Jenderal Norwegia juga sebut lebih dari 100 ribu tentara Ukraina tewas atau terluka

OSLO – Panglima Angkatan Bersenjata Norwegia Jenderal Eirik Kristoffersen mengatakan, hampir 180 ribu tentara Rusia tewas atau terluka dalam pertempuran di Ukraina. Perang antara Moskow dan Kiev telah berlangsung selama 11 bulan.

“Kehilangan Rusia mulai mendekati hampir 180 ribu tentara yang tewas atau terluka,” kata Kristoffersen dalam sebuah wawancara dengan TV2, Ahad (22/1/2023). Dia tak mengungkap bagaimana estimasi jumlah korban itu diperoleh.

Dalam wawancara itu dia pun menyampaikan jumlah korban dari Ukraina. Kristoffersen mengatakan, sejauh ini lebih dari 100 ribu tentara Ukraina tewas atau terluka. Sementara warga sipil Ukraina yang meninggal mencapai sekitar 30 ribu jiwa.

Kendati sudah kehilangan cukup banyak prajuritnya, Kristoffersen berpendapat, Rusia belum akan menghentikan pertempuran. “Rusia dapat melanjutkan (perang) untuk waktu yang cukup lama. Yang paling mengkhawatirkan adalah apakah Ukraina akan mampu menjaga angkatan udara Rusia tetap di luar peperangan,” ucapnya.

BACAAN LAIN:
China: Penembakan Balon Udara oleh AS Rusak Upaya Stabilkan Hubungan

Menurut Kristoffersen, sejauh ini Ukraina telah mampu melakukan hal tersebut berkat pertahanan antipesawatnya. Sebagian besar serangan Rusia dalam beberapa bulan terakhir dilakukan dengan rudal jarak jauh. Kristoffersen pun menyerukan agar sekutu segera mengirimkan tank tempur ke Ukraina. “Jika mereka akan menyerang di musim dingin, mereka (Ukraina) membutuhkannya (tank) segera,” ujarnya.

BACAAN LAIN:
Taiwan Operasikan Acak Jet Tempur dan Aktifkan Sistem Rudal

Norwegia adalah negara yang berbatasan langsung dengan Rusia. Ia telah menjadi anggota Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sejak badan pertahanan multilateral itu dibentuk pada 1949.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Jenderal Norwegia: Hampir 180 Ribu Tentara Rusia Tewas atau Terluka
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!